Berikut ini adalah pengumuman resmi dari sekolah update 27 Maret 2020

Berdasarkan informasi yang diterima dari MKKS SMA Kota Singkawang yang merujuk arahan yang disampaikan oleh bapak Gubernur Kalimantan Barat yang dilanjutkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat melalui surat Nomor : 421/1408/ DIKBUD-A perihal Penundaan UNBK, USP dan UKK kelas XII SMA, SMK, SLB Negeri dan Swasta Provinsi Kalimantan Barat.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Mengumumkan :

 

Merujuk surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar No. 421/1357/DIKBUD-A tertanggal  13 Maret 2020, maka diinstruksikan kepada :

  1. Para siswa kelas X dan XI untuk melaksanakan belajar di rumah terhitung tanggal 16 Maret s/d 2 April 2020. Termasuk kegiatan lainnya di sekolah dihentikan sementara. Sedangkan siswa kelas XII tetap mengikuti Ujian Sekolah (USP) dan Ujian Nasional (UNBK) sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sekolah/pemerintah. Mohon wali kelas menyampaikan informasi ini kepada orangtua/wali masing2 siswa.                                                                                                                     
  2. Pendidik dan tenaga kependidikan tetap masuk seperti biasa.                                                                                                                                                
  3. Para guru agar memberikan tugas kepada para siswanya selama belajar di rumah.                                                                                                 

Kepada para orangtua/wali siswa dimohon untuk mengawasi anaknya agar menjalankan belajar mereka di rumah, bukan untuk bepergian keluar rumah. Kepada seluruh warga sekolah di SMAN 3 Singkawang agar turut serta memperhatikan pola hidup sehat sesuai anjuran dari dinas kesehatan.

Harap dimaklumi dan diindahkan bersama.

JIKA ADA INFORMASI TERBARU AKAN DIUMUMKAN SECARA RESMI. SELALU PANTAU SITUS INI.

Bagaimana Mencegah Penularannya? 

Merangkum apa yang di edarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetantang Virus Corona Wartini selaku Wakil Kepala sekolah menyampaikan beberapa hal yaitu  diharapkan setiap kelas untuk meyediakan sarana untuk cuci tangan dengan sabun dan tisu dan biasakan cuci tangan pakai sabun (minimal 20 detik) dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Bersihkan ruangan dan lingkungan satuan pendidikan secara rutin, terutama fasilitas umum yang sering disentuh tangan. Jangan lupa pastikan kondisi petugas serta sarana kebersihan telah memadai, tambah Wartini lagi.

“Pesan saya untuk warga Smanti hindari keramaian, jaga kebersihan diri dan lingkungan.  Untuk pihak sekolah stop dulu giat yang mengundang keramaian. Salam sehat smoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid 19 ini”, ungkap Sari selaku guru Bahasa Indonesia sekolah ini. 

Hal yang hampir sama juga diungkapkan Waka Kesiswaan, “saya juga berpesan kepada guru Pembina Ekstra untuk Kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan kegiatan di luar sekolah harus dipertimbangkan baik-baik”. Bukan berarti tidak melakukan kegiatan apapun, tambah Ramla lagi.

Luar biasa ternyata praktek Ujian Akhir Mata Pelajaran (Mapel) Prakarya bagi kelas XII SMA Negeri 3 Kota Singkawang yang dilaksanakan pada Kamis (12/3) kemarin, disajikan dengan cara yang sedikit kompleks. Peserta ujian diharuskan membuat proposal untuk pembuatan makanan berbahan utama ayam.

Ujian Akhir Mata Pelajaran Prakarya, dikemas sedemikian rupa layaknya sebuah pameran kuliner. Para siswa/i kelas 12 memasak makanan didepan kelas mereka masing-masing, sehingga tim penilai dapat secara langsung melihat jalannya proses pembuatan masakan tersebut.

Sesuai hasil rapat teknis Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang SMA/MA Kota Singkawang, SMAN 3 Singkawang ditunjuk sebagai tuan rumah Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kota. Ajang bergengsi itu digelar pada tanggal 10 Maret 2020.

“Setelah rapat teknis, kami mulai melakukan persiapan, yang paling utama, persiapan untuk anak-anak kami yang akan jadi perwakilan sekolah nantinya” ucap Kepala SMA Negeri 3 Singkawang, Yoris Harto S.Pd, usai ditemui di gedung SMA Negeri 3 Singkawang, Rabu, 5 Februari 2020.

Mengenai target juara, Yoris belum berani berprediksi. Hanya saja, katanya, yang lebih diutamakan persiapan anak didik serta sarana dan prasarana demi kelancaran dan suksesnya KSN seleksi kota jenjang SMA/MA di Singkawang.

SINGKAWANG - Film siswa SMAN 3 Singkawang mendapat 2 penghargaan pada Festival Film Kalimantan Barat (FFKB) yang digelar komunitas film Sintang (Kofsi) se-Kalimantan. Masing-masing meraih penata kamera terbaik dari 17 nominasi yaitu 15 umum dan 2 pelajar serta film terbaik kategori pelajar se-Kalimantan dengan judul Nasib Ia di Tengah Kota."Yang mana filmnya ditandingkan dan berhadapan dengan film pemenang Mandau Perak Festival Aruh Kalimantan 2018," kata penulis skrenario dan penulis puisi Nasib Ia di Tengah Kota, Ajeng Puspita, Senin (2/12/2019).

KOFSI menyelenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018. Merasa sukses KOFSI menyelenggarakan FFKB 2019, yang kali ini bertemakan SUNGAI.

Empat Ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Singkawang yaitu Bengkel Sastra, Speaking English, Seni Musik dan Fotografi berkerjasama dalam memproduksi film sekolah yang berjudul "Untukmu Agamamu, Untukkulah Agamaku". Film yang menceritakan toleransi antar siswa ini memiliki nilai moral yang terkandung didalamnya yaitu Kerjasama, Musyawarah, Berpikir Positif dan Toleransi ini diikutkan dalam Festival Film Islami 2019 di Lampung.

PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMA NEGERI 3 SINGKAWANG
Nomor : 001/ 002 /PSB.19
 
A.Waktu :

1.Pendaftaran tanggal 24 s.d. 26 Juni 2019, pukul 08.00 s.d. 14.00
2.Pengumuman yang diterima, dilaksanakan tanggal 28 Juni 2019.
3.Daftar ulang siswa yang dinyatakan diterima / lulus seleksi tanggal 1 s.d. 2 Juli 2019, pukul 08.00 s.d. 14.00

B.Tempat Pendaftaran :
SMA Negeri 3 Singkawang, Jl. Pahlawan, Roban, Singkawang.
 

PENGUMUMAN 

NOMOR 424/334/TU.2019