Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, di semua tempat di seluruh Indonesia pasti akan melakukan kegiatan Upacara Bendera, tidak terkecuali SMA Negeri 3 Singkawang juga melaksanankannnya. “Taukah Anda apa manfaat dari upacara 17 Agustus? Banyak diantara kita yang belum memahami apa arti dari kegiatan upacara bendera, maka dari itu sedikit akan kita bahas tentang makna tersembunyi dari kegiatan upacara bendera. Mari kita simak bersama-sama informasi tentang makna dari upacara bendera, yaitu : untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan, meningkatkan rasa nasionalisme, melatih kedisiplinan dan meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama”, ungkap Laily selaku wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana yang juga sekaligus sebagai pembina upacara bendera.

 

 

 

 

Selain memiliki makna yang sangat mendalam pada setiap pelaksanaannya upacara 17 Agustus juga memiliki sejarah yang sangat kuat dan tidak boleh dilupakan oleh setiap warga negara Indonesia, pada upcara yang dilakukan pada tanggal 17 agustus tahun 1945 naskah yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia diabacakan atas nama bangsa Indonesia oleh pemimpin yang sangat hebat pada waktu itu yaitu Ir. Soekarno, banyak diantara kita yang sudah mengetahui tantang hal ini, dan sudah mendengar betapa hebatnya atmosfer yang tercipta pada saat itu, setiap individu yang mendengar teks proklamasi dibacakan pasti akan bergetar  jiwanya dan hati meraka dipenuhi rasa gembira yang amat sangat sampai pahlawan terhebat sekalipun tidak dapat menahan haru karena gembira. Untuk tahun ini pembacaan teks prokalamasi dibacakan oleh Deny Suhendra selaku waka kesiswaan sekolah ini.

“Terima kasih kepada Tim Paskib yang sudah berlatih keras untuk menyukseskan upacara ini”, ungkap Sitti Ramla Patty selaku pembina Paskib.

Sukses selalu SMANTI, Sukses untuk kita semua.