Dalam rangka pergantian kepengurusan Pengurus Wilayah Kalimantan Barat, pengurus OSIS SMA Negeri 3 Singkawang yang beragama Islam berpartisipasi dalam acara pembukaan hingga diskusi panel Konferensi Wilayah Ke-26 Pelajar Islam Indonesia.

"Diundangnya pelajar dalam acara pembukaan untuk memperkenalkan dan meningkatkan eksistensi PII (Pelajar Islam Indonesia) di masyarakat terutama pada para pelajar. Karena selama ini PII kurang di kenal oleh masyarakat. Yang kedua, diundangnya pelajar dalam acara diskusi panel dengan beberapa narasumber, sesuai dengan tema bertujuan untuk meningkatkan peran pelajar dalam menciptakan lingkungan berkarakter. Maka dari itu, narasumber pada acara tersebut berasal dari bidang agama, anti narkotika, keorganisasian. Hal tersebut guna meminimalisir tingkat salahnya pergaulan remaja masa kini," tutur Shelvi, salah satu siswi SMA Negeri 3 Singkawang yang merupakan Ketua Umum PII Singkawang.

Seperti yang kita ketahui, penerapan agama dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pelajar masih rendah. Diundangnya pengurus OSIS SMA Negeri 3 Singkawang diharapkan dapat mengajak teman sebayanya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif.

"Banyak sekali yang kami dapatkan. Kami juga bisa belajar dari para pengurus yang telah berhijrah," ucap Ayu, salah satu pengurus OSIS SMA Negeri 3 Singkawang.