SMAN 3 Singkawang berhasil tampil sebagai juara lomba paduan suara (padus) se-kota Singkawang, yang diselenggarakan Oleh Rindam XII/TPR di Kodim. Untuk memperingati HUT TNI ke-71 (01/10/2016). Perlombaan tersebut diikuti oleh  sekolah tingkat menengah/sederajat (SMA/SMK) se-kota Singkawang

Tim paduan suara SMAN3 ini terdiri dari sepuluh orang laki-laki dan sepuluh orang perempuan dengan komposisi siswa kelas X, XI, dan XII. Sementara itu, Bapak Deddy selaku  guru kesenian SMAN3 mengaku merasa senang atas prestasi siswanya.

Adalah Sinta, siswi yang sekarang duduk dibangku XI IPA 1 yang menjadi dirigent. “kita baru tau ada event ini tiga hari sebelum perlombaan dan hanya dalam dua hari waktu latihan yang kita punya, jadi demi menghemat waktu terkadang kami dipanggil untuk latihan saat jam pelajaran berlangsung. Walaupun begitu kami merasa bangga karena usaha yang dihasilkan sudah optimal,” ucap gadis ini.

“Waktu latihan banyak becandanya, padahal waktunya singkat, tapi setelah tampil hasilnya sangat memukau, jadi senang banget. Waktu itu kita sih optimis menang.” tutur Tri  Sugiharto yang kerap dipanggil Tono dan Lastyanti.

SMAN 3 tampil dengan nomor undian pertama, hal tersebut ternyata dapat mengurangi rasa gugup para peserta. Pengumuman pemenang disebutkan pada siang harinya.

“Kita selalu ingat pesan Pak Deddy  ‘Apapun yang kalian lakukan itu yang terbaik’ dan saya percaya itu,” kata Memo XI IPA 3.

Sementara itu SMAN3 juga mendapatkan juara 3 cipta lagu yang diwakili langsung oleh Tidandi Dwi Pamungkas yang duduk dikelas XI IPA 3 dengan judul lagu ‘ABRI Bersamamu’

Setelah pengumuman, esok harinya(02-10-16) tim padus berangkat ke Pontianak untuk mengikuti seleksi tingkat Kalimantan.

Tak lupa Tim Padus  mengucapkan terimakasih kepada kepala SMA N 3 Singkawang yang telah memberikan izin mengikuti kegiatan ini, untuk Pak Deddy yang telah mengajari dan mengaransemen sekaligus menyemangati tim padus dalam kegiatan ini, dan yang terakhir terimakasih banyak untuk Rindam XII/Tpr, khususnya Om Wiji yang sudah mengurusi keberangkatan tim padus.