Kurikulum 2013 atau sering disingkat K-13 merupakan sebuah kurikulum yang dicetuskan oleh menteri pendidikan era presiden SBY, Drs.Muhammad Nuh. Perbedaan K-13 dengan para pendahulunya sendiri adalah system mengajar dengan pendekatan ilmiah atau disebut juga scientific approach.

 

 

Melalui sistem pendekatan ini, diharapkan peserta didik akan mampu untuk memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya serta dapat mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak.

 

Berkaitan dengan hal-hal diatas pula, banyak sekolah yang telah menggunakan K13 sejak awalpemberlakuan. Namun, ada juga yang sampai sekarang belum menggunakan K13 karena berbagai faktor. Di kota Singkawang sendiri, terdapat salah satu sekolah yang telah sukses menjalankan K13 yakni SMAN 3 Singkawang kita yang tercinta. Berdasarkan prestasi yang diraih setahun lepas, Smanti kini dianugerahi predikat sebagai sekolah rujukan untuk tingkat kotamadya.

 

Dan atas gelar itu pula, beberapa waktu yang lalu tepatnya Rabu 12 Oktober 2016, Smanti bersama dengan Dinas Pendidikan Kota Singkawang menyelenggarakan program bimbingan kepada sekolah calon pengguna K13 yakni SMA 5 , SMA 6 dan SMA 7 sebagai bukti nyata peran Smanti sebagai sekolah rujukan.

 

Kegiatan ini dibuka oleh bapak Bachraini Subhani selaku Kepala sekolah SMAN 3 Singkawang dan dihadiri pula oleh pengawas dari dinas pendidikan yang juga mantan kepala sekolah Smanti terdahulu, bapak Andi Nasrullah. Kegiatan ini berlangsung di aula serbaguna Smanti Singkawang, mulai pukul 07.00 hingga 15.30 wib.

 

Adapun agenda kegiatan adalah pendampingan terhadap guru mata pelajaran UN yang didampingi langsung oleh para guru Smanti yang berkompeten yakn, Sari’ani (bahasa Indonesia), Sandra Sankara (fisika), Tunggal Sunarto ( Sejarah), Musyawirna (kimia),  U.Wirdalia (bahasainggris), Wartini(biologi), Eka Sri Astuti (Sosiologi), Nisa (Geografi), Berti Dwi Sartika (Ekonomi) dan Siti Ramla Patty (Matematika).

 

Pada kegiatan pendampingan ini, scientific approach menjadi sorotan utama bagi guru-guru dari SMA 5 ,6 maupun 7. Tentunya ini sebuah kebanggaan bagi sekolah kita tercinta, Smanti Singkawang karena telah bisa membuktikan secara nyata predikat dari sekolah rujukan.