SMA Negreri 3 Singkawang mengikuti acara rutin yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Singkawang dalam kegiatan HUT PASBRASA yang ke-24(22/10/2016). Adapun lomba tingkat SMA yaitu video dokumenter, Lomba formasi barisan 17-an,dan Paskibra gerakan bermusik(Pas grand six). SMA Negeri 3 mendapatkan juara 1 formasi pengibaran, juara 2 Pas grand six, Pegibaran terbaik, dan Kostum terbaik akan tetapi dan entah mengapa video dokumenter didiskualifikasi. Dengan ini SMA Negeri 3 dinyatakan mendapatkan juara 2 umum. Ibu Ramla selaku Pembina ekstra PASKIBRA bersyukur atas apa yang telah diperoleh.

“Seru! Bisa nambah pengalaman, bisa banyak kenal dengan anggota paskib yang baru. Tapi sedikit kecewa karena disetiap tahunnya smanti selalu mendapatkan juara umum satu. Yah mungkin itu karena usaha kami yang kurang maksimal, karena diawal kurang serius latihannya  dan saat dekat waktu perlombaan baru serius. Tapi disini kami jadi banyak belajar, salah satunya berusahalah sebaik mungkin karena usaha keras itu tidak akan mengkhianati,” tutur Yusanneya Geulis XI IPA 1 yang turut ikut dalam perlombaan.

“Kecewa pasti ada dalam diri masing-masing. Tapi hidup itukan layaknya roda, nggak selamanya diatas. Intinya kita harus dapat memetik hikmah dan pelajaran dalam kegiatan ini. berusaha semaksimal mungkin dan selama bisa dijalankan sendiri, maka kerjakanlah, jangan bergantung kepada orang lain,” ucap Rahul Sanjaya selaku ketua PASKIBRA SMAN 3 yang ikut berjuang dalam kegiatan ini.

“Banggalah sama teman-teman dan para senior yang telah sama-sama berjuang dalam kegiatan ini, dan hasil keringat dari latihan yang selama ini kami lakukan Alhamdulillah terbayarkan walaupun hasilnya kami mendapatkan juara 2 umum dan mendapatkan 4 piala dalam kategori yang berbeda. Semoga ditahun depan bisa lebih baik dari tahu ini dan bisa mendapatkan kembali juara umum dan piala bergilir ditahun berikutnya,” tutur Ega XI IPS 1.