Kembali SMA Negeri 3 Singkawang menyabet piala bergengsi pada senin (24/10) dalam kegiatan band antar pelajar yang diadakan di lapangan Kridasana Singkawang pada event penutupan Singkawang EXPO 2016 .

Ada pula isi dari acara tersebut terdiri dari persembahan Fashion Show, Beatbox dari Singkawang Beatbox Fondation (SBF) , persembahan band Gimbal dan band dari pihak juri serta lomba antar band pelajar SMK dan SMK se Kota Singkawang yang diikuti 22 group band dan 8 group band yang lolos ke FINAL yaitu SMAN1, SMAN2 timB, SMAN3 tim AdanB, SMAN4, SMK4 timB, SMK 1 TimB dan SMK 2, dengan kategori lagu daerah dan pop.

Pada kesempatan ini SMA Negeri 3 smanti A dan smanti B, yang masing-masing mendapat juara harapan satu dan juara satu.

Pada kelompok SMANTI A terdiri dari Tidandi Dwi Pamungkas (Drum), Syarif Rio (Gitar 1), Fikri Zyanafri (Gitar 2), Riza Mahendra (Bass), dan Lastyanti Mulyani (Vokalis) yang menyanyikan lagu daerah Simberapian-Sambas dan lagu pop Rather Be-Clean Bandit.

Pada kelompok SMANTI B terdiri dari Ekky Syahruddin (Drum), Rizky Aldi Perdana (Gitar 1), Arif Nurrahman ( Bass), Allyka Shafira (Keyboard), dan Anyndia Restu Pertiwi (vokalis) yang menyanyikan lagu daerah Tandak Sambas-Sambas dan lagu pop Velvet Revolver-Slither.

Selain mendapat juara, SMA Negeri 3 juga mendapat kategori Best Player pada best guitar oleh Rizky Aldi Perdana dan best bassist oleh Arif Nurrahman.

"Buat festival sering-sering SMANTI tetap ikut, masih banyak bibit unggul musisi SMANTI, kami yakin menang", Tutur Ekky Shayruddin (Drummer SMA Negeri 3 B).

"Selalu berpikir bahwa tampil maksimal adalah tujuan akhir, juara hanya bonus", Tutur Dedy Ridansyah S.Pd (Guru kesenian dan pelatih band SMAN 3 Singkawang.)