Memanfaatkan momentum Sumpah Pemuda tahun ini, ratusan siswa/siswi SMA Negeri 3 Singkawang mengikuti lomba Ranking Satu di Aula SMAN 3, Jum’at (28/10). Siswa/siswi tersebut berasal dari setiap kelas X hingga XII. Kegiatan tersebut pertama kali diselenggarakan di SMA Negeri 3 Singkawang. Alisardo Dimastoro selaku ketua OSIS membuka langsung kegiatan ini.

 

Soal-soal dalam kuis ini mencakup pengetahuan umum seperti Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Pengetahuan Umum lainnya. Apabila Program lomba ini berhasil dan sukses dilaksanakan di SMA Negeri 3 Singkawang, maka program tersebut akan dilanjutkan dan diperluas ketingkat Kota Singkawang untuk pelajar SMP dan sederajat”, ungkap Dimas selaku Ketua OSIS.

 

"Dari setiap kelas itu ada banyak orang yang jadi kontestan, jadi totalnya lebih dari seratus orang. Acaranya seru. Disini kita harus melawan ratusan orang dalam melawan kuis edukasi yang disiapkan untuk merebutkan ranking 1. Walau ngga berhasil mendapatkan ranking 1, tapi banyak pengetahuan baru yang bisa saya dapat, saya juga baru tau ternyata lagu Indonesia Raya itu tidak didengarkan pertama kali saat proklamasi. Kalau tahun depan kegiatan ini diadakan lagi, saya pasti ikut lagi,” tutur Khairul X IPA 1 yang menjadi salah satu kontestan.

 

“Disini saya jadi pengawas saat kegiatan Ranking1. Pesertanya ramai dan saat perlombaan berlangsung ngga ada yang berbuat curang. Ternyata murid-murid SMA N 3 itu jujur-jujur orangnya. Lomba ini selain untuk seru-seruan juga bisa memberikan berbagai macam informasi untuk kita. Walau saya hanya menjadi pengawas disini tapi saya juga bisa mendengar banyak pengetahuan yang tidak saya ketahui sebelumnya.” Ega dan Cindy selaku pengawas Lomba Ranking Satu.

 

Adalah Firzakalpa Syafiq XI IPA 3 yang menjadi Koordinator dalam lomba ini. “Karena kegiatan ini pertama kali untuk kita, jadi ada perasaan sedikit takut acaranya tidak berjalan dengan lancar. Tapi dengan banyaknya jumlah siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, kita jadi optimis kegiatan ini akan berlangsung dengan lancar, dan Alhamdulillah kita bisa menyukseskan acara ini” katanya.

 

Adalah Seto XII IPA 2 yang berhasil mendapatkan Ranking Satu dan Kelas XII IPA 3 berhasil memperoleh kelas cerdas. Bagi peserta yang mendapatkan Ranking 1 akan memperoleh hadiah berupa beasiswa komite untuk bulan November dan iuran osis untuk semester genap, ditambah lagi uang tunai dari OSIS”, kata Mery selaku bendahara OSIS.

 

“Selain Itu OSIS juga membuka Waroeng OSIS dengan selogan, Dari OSIS untuk OSIS dan bermanfaat bagi SISWA. Terima kasih buat MPK selaku kakak dari OSIS yang telah membantu kami dalam menyukseskan kegiatan ini, terima kasih juga buat Pak Dedy dan kak Wahdini yang bersedia menjadi MC serta guru-guru tercinta yang telah meluangkan waktunya untuk hadir menyaksikan kegiatan kami”, ungkap Siti selaku Sekretaris OSIS.

 

Sukses selalu SMANTI.