Berwirausaha bukan saja hanya membutuhkan modal namun juga pengetahuan, kecakapan serta pengalaman sehingga harus di pupuk sedari dini. Maka jiwa kewirausahaan seseorang harus diasah, jangan sampai setelah terjun ke lapangan masyarakat malah gelabakan tak punya tujuan. Maka sekaligus dengan tujuan memenuhi K13 yaitu “Menumbuhkan, melatih dan mengasah jiwa kewirausahaan siswa dan siswi”.

 

SMA Negeri 3 Singkawang mengadakan sebuah pertemuan pada Sabtu (5/11) pukul 09.00 s.d 11.00 yang diikuti oleh semua siswa siswi kelas 12, dan masing-masing perwakilan 3 orang untuk kelas 11 dan 10, bertempat di aula SMAN 3 Singkawang yang dibina oleh ibu Sarsiti, S.Pd. selaku guru wakil kepala sekolah urusan kurikulum yang juga sebagai guru prakarya.

 

Pada pertemuan tersebut SMAN 3 Singkawang mendatangkan salah seorang peternak burung puyuh yang terbilang cukup sukses dikalangannya, bapak Winarto, S.Pt.  Beliau menjelaskan tentang kiat-kiat menjadi wirausahawan sukses, tahapan berwirausaha, motivasi untuk berwirausaha, serta pengalaman pribadinya dalam berwirausaha burung puyuh. “ Menjadi wirausahawan itu prinsipnya DUIT; Doa, Usaha, Istiqomah dan Tawakal ” –Winarto, S.Pt.

 

Dalam acara ini juga terdapat beberapa kuis dan sesi tanya jawab, hadiah dari kuis itu sendiri adalah 10 kotak telur puyuh hasil ternakan pak Winarto, S.Pt sendiri, sesi tanya jawab dan kuis di sambut antusias oleh siswa siswi SMAN 3 Singkawang.

 

“Bapaknya menyampaikan dengan baik, sangat memotivasi untuk memulai berwirausaha dan banyak pelajaran yang saya dapatkan.” Tutur Anissa Maharani 11 IPA 1. “Kalau bisa diadakan sering-sering dengan tema yang sama (kewirausahaan) namun materi berbeda untuk kesan pertemuan kali ini asik banyak menambah pengetahuan,informasi dan motivasi” tutur Virjami 12 IPA 1 yang berhasil menjawab salah satu quis tentang kewirausahaan.   

 

“Isinya bahas kewirausahaan dari nol dari yang belum apa-apa menjadi sukses. Suka sekali, jadi kita bisa tahu nanti seandainya kita mau beriwirausaha itu kayak bagaimana kalau gagal dan cara biar bisa bangkit lagi”, ungkap Bella Pragita 12 IPS1. “Menarik, menyenangkan dan menambah wawasan berwirausaha kalau bisa banyakin lagi sesi kuisnya jangan lupa sovenirnya juga dibayakin.”Tutur Miftahur Rahman 12 IPA 1. “Narasumbernya sangat pandai menarik minat dari peserta pelatihan, semoga dengan adanya pelatihan ini kita dapat memperoleh manfaat dan  kedepannya kita mampu untuk menjadi orang-orang yang sukses di bidang bisnis apabila menjalankan kewirausahaan.” Tutur Thiwa Mula Ardana 12 IPA 3

 

Akhir acara seperti biasa diakhiri doa, banyak tanggapan positive yang didapatkan, dengan berakhirnya penyuluhan tentang kewirausahaan ini di harap membuka mata siswa siswi tentang masih banyaknya peluang bisnis di lapangan masyarakat.