Setelah kerap meraih gelar juara dalam berbagai perlombaan mulai dari tingkat kota hingga tingkat provinsi, Pasmanti kini mengadakan Grada Pasmanti Competition perdana. Acara ini diadakan setelah Pasmanti berhasil menjadi juara umum 1 Paskibra Fanseight, mempertahankan juara umum 1 dalam kompetisi Himpasda dan menjadi juara umum 2 dalam kompetisi Pasbrasa.

“Sebenarnya kompetisi ini sudah direncanakan beberapa tahun ini, tapi baru terwujud sekarang berkat masukkan dari para alumni,” ucap Ega Febrian Putra, salah satu anggota Pasmanti. 

Rahul Sanjaya, ketua Pasmanti mengaku bahwa terjadi suatu ‘kejutan’ dimana sang pembina, Siti Ramlapatty telah mengajukan rencana tersebut dan disetujui oleh kepala sekolah, Bachraini Subhani. Rencana tersebut didukung dengan anjuran agar kompetisi berbeda dari kompetisi pada ajang lainnya hingga didukung dengan adanya piala walikota Singkawang.

“Awalnya ragu akan berjalan atau tidak, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya berjalan sampai sekarang,” tutur Rahul.

“Kegiatan yang dilakasanakan selama 2 hari mulai tanggal 5 sd 6 November 2016 di gedung olehraga STIE Mulia Singkawang sukses, kita bisa menggunakan gedung STIE Mulia Singkawang ini berkat kerjasama yang ditandatangani kedua pimpinan”, ungkap Deny Suhendra selaku Waka Kesiswaan.

Berkat diadakannya Grada Pasmanti Competition ini, para anggota Pasmanti mengaku bahwa solidaritas dan rasa kekeluargaan antar sesama anggota dan tali silaturahmi dengan para peserta kompetisi terjalin sangat baik. Suka duka yang mereka rasakan dimulai dari publikasi Grada Pasmanti Competition hingga penyelenggaraan berlangsung. Pembina Paskibra SMA N 3 Singkawang bangga dengan kinerja anggotanya.

“Harapannya acara Grada Smanti Competition tetap berlanjut dan semakin menarik minat paskibra-paskibra di Kalimantan Barat untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini,” ujar Anggar Setiorini.