SMA Negeri 3 Singkawang menerima kunjungan mitra sekolah yaitu dari SMA Negeri  Sungai Laur Kabupaten Ketapang, Jumat (09/12/2016). Kunjungan ini, dalam upaya program pengenalan lingkungan sekolah (P2LS) dari SMA Negeri 3 Singkawang. Adapun rangkaian acara dimulai dari penyambuatan hingga malam keakraban yang diselingi dengan perlombaan seperti turnamen voli, turnamen footsal, dan turnamen badminton.

Rombongan SMA Negeri  Sungai Laur disambut dengan meriah oleh anggota OSIS, MPK, beserta dewan Guru SMA Negeri 3 Singkawang pukul 18.30 WIB, kemudian rombongan ini diarahkan untuk beristirahat sebelum mengikuti kegiatan esok harinya.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Bapak Bachraini Subhani, S.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 3 Singkawang dan Charlos Leonardo Samuel selaku Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 3 Singkawang bersama dengan Waka SMA Negeri  Sungai Laur Kabupaten Ketapang dan Ferdian Rizki Ramadhan selaku Ketua OSIS SMA Negeri  Sungai Laur Kabupaten Ketapang.

Kehadiran rombongan SMA Negeri Sungai Laur ini bukan sebagai kegiatan melancong, melainkan melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan untuk kedua sekolah dngan membagi pengalaman serta edukasi yang dapat mengeratkan kebersamaan kedua sekolah.

“Persiapan dari OSIS SMA Negeri Sungai Laur sudah sejak Bulan Oktober. Adapun siswa yang ikut dalam kunjungan memiliki minat dalam berkunjung dan memiliki bakat serta kemampuan sesuai dengan lomba-lomba persahabatan yang akan diselenggarakan bersamaan dengan P2LS,” ucap Ferdian selaku Ketua OSIS SMA Negeri Sungai Laur.

“Kunjungan kesekolah-sekolah Kalimantan Barat atau sekitar Kabupaten Ketapang itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Dewan Guru, dipilihnya SMAN 3 Singkawang karena berdasarkan survei yang telah dilakukan, SMA N 3 ini merupakan salah satu sekolah favorit di Singkawang. Diharapkan dari program pengenalan ini dapat memotivasi sekolah kami untuk lebih giat berkembang ke arah yang lebih baik. Karena kunjungan sudah diadakan sejak sekolah berdiri, yaitu tahun 2005“ tambahnya lagi.

“ Jadi MPK dan OSIS itu bekerjasama untuk menyukseskan acara ini, dibantu oleh Band smanti juga, sama para penari smanti. Ramai ya yang datang, seru! kita bisa kenalan dengan orang luar Singkawang, Murid-muridnya ramah lagi,” urai salah satu siswi SMA N 3.

Adalah Marjuki salah satu siswa SMA Negeri Sungai Laur, “Sambutan dari SMA Negeri 3 ini baik ya, fasilitasnya juga baik, dan airnya juga bersih.”

“Bisa akrab ya sama siswa-siswi smanti, karena kita semua bergabung dari awal hingga selesai, jadi walau beda umur, beda kelas, kekeluargaannya itu dapat,” ujar Monika, siswi SMA Negeri Sungai Laur.

“Suka ya ada kegiatan ini, apa lagi ada malam seni kaya pensi gitu, terus bisa kenalan dan nanya-nanya dengan siswa-siswi ketapang, jadi kan bisa menambah wawasan untuk kita. Untuk persiapannya sendiri MPK dan OSIS sama-sama membantu, jadi kebersamaan antar warga smanti itu bertambah lagi dengan kedatangan tamu dari ketapang,” tutur Rifda Inaya.

 

Hingga akhirnya tiba di ujung acara pada sabtu malam (10/12/2016). Dimana acara malam keakraban ini SMA Negeri 3 menampilkan Tarian daerah kalimantan barat  dan Grup Band SMANTI yang memeriahkan malam terakhir kunjungan.

 

“Terima kasih kepada seluruh rekan guru dan seluruh siswa smanti yang menyukseskan kegiatan kunjungan SMA Negeri Sungai Laur Ketapang dari tanggal 9 s/d 11 desember 2016. Saya bersama MPK dan OSIS mohon maaf jika ada hal yang kurang menyenangkan. Sukses selalu SMANTI.” Pungkas Deny Suhendra selaku Waka Kesiswaan SMA N 3 Singkawang diakhir kegiatan.