Sabtu (17/12/2016), seluruh sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kota Singkawang mengadakan pembagian raport semester ganjil.

 

Tak terkecuali SMA Negeri 3 Singkawang juga mengadakan pembagian raport semester ganjil dengan mengundang orang tua siswa dan siswi dalam laporan hasil belajar selama satu semester ini. Salah seorang orang tua siswa mengaku setiap tahun dirinya melakukan pengambilan raport anaknya.

 

"Raport anak harus diambil oleh setiap orang tua siswa, yang diwajibkan oleh pihak sekolah. Tujuannya agar orang tua siswa dapat mengetahui dari wali kelas kemampuan anaknya dalam proses belajar mengajar di dalam kelas," ujarnya.

 

Bersamaan dengan itu SMA Negeri 3 Singkawang juga melakukan BAZAR sebagai unjuk nyata dari sekolah rujukan, dimana dari setiap kelas diwajibkan ikut serta dalam bazar tersebut.

 

“Ini tahun pertama ada kegiatan bazar. Kalau menurut saya hal ini sangat positif untuk kita, apalagi kita diharuskan menyiapkan stan-stan sekreatif mungkin agar dapat menarik pembeli. Barang yang dijual mulai dari kerajinan tangan, aksesoris, makanan ringan, dan masih banyak yang lainnya lagi. Karena kegiatan ini diadakan bersamaan dengan pembagian raport dan dibuka untuk umum tentunya pembeli bukan hanya berasal dari warga SMA 3 saja sehingga barang yang dijual pasti aku berat,” ujar Firdaus Rizal XI IPS 1

 

“Sekolah udah menyiapkan modal untuk kita, tinggal bagaimana caranya kita dapat mengolah uang tersebut agar dapat memperoleh untung yang maksimal. Untuk persiapan kami mulai dari dua hari sebelum kegiatan berlangsung,” tutur Nanda dan Faizal di suatu kesempatan.

 

Dua hari sebelum kegiatan berlangsung, beberapa siswa dari kelas X hingga XII memenuhi parkiran SMA Negeri 3 dengan gambar-gambar ilustrasi yang menunjukan jiwa kewirausahaan. Adalah Ekky, beserta tim kreatifnya yang berhasil mengubah sepanjang tembok parkiran hanya dengan bermodalkan imajinasi dan dana seadanya. Hal ini tentunya sangat patut diapresiasi ditengah keterbatasan waktu dan dana yang diperoleh.

 

Sukses selalu SMANTI.