Pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, di semua tempat di seluruh Indonesia pasti akan melaksanakan kegiatan upacara bendera, tidak terkecuali SMA Negeri 3 Singkawang juga melakukannya.

Selain mempunyai makna yang sangat mendalam pada setiap pelaksanaannya, upacara 17 Agustus juga memiliki sejarah yang sangat kuat dan tidak boleh dilupakan oleh setiap warga negara Indonesia. Naskah yang mempunyai banyak arti dan sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia dibacakan oleh pemimpin yang sangat hebat dan bijaksana pada waktu itu 72 tahun silam, yaitu Ir. Soekarno, dilakukan saat upacara pada tanggal 17 Agustus 1945. Banyak diantara kita yang sudah mengetahui tentang hal ini, dan sudah mendengar betapa hebatnya atmosfer yang tercipta pada saat itu, setiap bangsa Indonesia yang mendengar teks proklamasi dibacakan pasti akan merasa jiwa dan hati mereka dipenuhi rasa bangga dan gembira yang tidak terbendung, sampai pahlawan terhebat sekalipun tidak dapat menahan haru karena gembira.

Untuk tahun ini, pembina upacara langsung oleh kepala sekolah dan pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Laily selaku wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, sedangkan pemimpimpin upacara adalah Febry Hendrawan dari kelas XII IPS 2 yang juga Ketua Paskibra sekolah.

“Saya merasa berdebar pastinya, tapi terharu karena bisa membawa sang merah putih.” Ungkap Resty Sastika selaku anggota paskibraka yang membawa bendera.

 

Sukses selalu SMANTI. Merdeka !!!