Hari kemerdekaan adalah hari yang sangat menggembirakan bagi bangsa Indonesia. Karena setiap tanggal 17 Agustus, kebersamaan setiap individu kembali diperkuat dengan diadakannya perlombaan di era globalisasi ini. Dari tahun-tahun yang lalu, SMA Negeri 3 Singkawang selalu mengadakan perlombaan yang sukses membuat seisi sekolah dipenuhi derai tawa penonton. Tidak terlewatkan juga perlombaan pada tahun ini, yang diselenggarakan pada pada tanggal 17-19 Agustus di lapangan SMA Negeri 3 Singkawang. Dengan menggunggah berbagai macam lomba yang seru, antara lain : lomba tarik tambang, lomba makan kerupuk, lomba dinamika sarung, lomba cepat tangkap dan lomba dinamika karung. Sangat seru dan mendebarkan, karena bukan hanya para siswa yang ikut bermain, tapi juga disertai dengan wali kelas yang ikut memperkuat tim kelasnya. Acara perlombaan dipandu langsung oleh MC yang merupakan alumni, yaitu Rifian Gifari dan dari kelas XI IPA 1 Wahyu Bagus Rizkiawan.

“Alhamdulillah senang rasanya ikut dalam lomba walau belum berhasil tapi semangatnya sampai sekarang masih terasa.” Tutur Sariani selaku wali kelas dari XII IPA 1,yang turun langsung dalam lomba tarik tambang. “ Sempat sakit juga otot tangan tapi rasa senangnya lebih mendominasi.” Tambah beliau.

"rase rakok'an tok badan lakaknye", ungkap salah satu walikelas menggunakan bahasa melayu sambas, hal yang sama juga diungkapkan walikelas lainnya "rase nak turun peranakan lakaknye". Siswa senang, kita ikut senang, jarang jarang hal ini terjadi.

Di hari kedua (18/8) perlombaan tak kalah meriah dari hari sebelumnya, dengan selingan dari MC yang menyapa para  suporter untuk menyemangati temannya yang ikut lomba, serta masing-masing  dari peserta unjuk kekuatan dan kecepatan dalam perlombaan.

“Tentunya senang dan seru sekali, jadi ya senang-senang aja walau terkadang masih ada sedikit masalah antara peserta yang tidak mau mengalah, tapi dari situ membuktikan bahwa semua peserta memang memiliki tekad dan semangat untuk mengikuti lomba.” Ucap Edtano Trinanda salah satu peserta lomba.

“Rasanya sih berdebar pasti ada terkadang juga takut, tapi karena sudah terbiasa insyaallah pasti bisa dan alhamdulillah cuaca cerah yang mendukung sehingga lomba berjalan dengan lancar.” Ungkap Wahyu Bagus Rizkiawan yang kerap disapa wahyau dari tim panitia.

"kita percayakan 3 hari kepada MPK dan OSIS untuk mengelola sekolah, ternyata mereka bertanggung jawab, disinilah proses pembelajaran berorganisasi semoga saat Indonesia 100 Tahun nanti kalian bisa menjadi pemimpin negeri ini", ungkap Bapak Deny Suhendra selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.

Terima kasih untuk panitia penyelenggara lomba dari OSIS dan Calon MPK kls 10, terima kasih juga buat MPK Kelas 11 dan 12 yang telah bersedia membantu, terima kasih buat Guru yang senantiasa bergabung dan memeriahkan kegiatan lomba, terima kasih juga untuk support dari alumni dan seluruh siswa siswi SMA Negeri 3 Singkawang.

Sukses Selalu SMA Negeri 3 Singkawang, Merdeka !!!!