SMA Negeri 3 Singkawang menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian aktivitas yang rutin dilaksanakan juga memperingati hari ulang tahun PMI ke 72. Kegiatan donor darah dilakukan di ruang serbaguna, Kamis 14 September 2017 bekerja sama dengan PMI kota Singkawang.

“Menurut ibu kegiatan donor darah itu sangat bagus sekali karena tujuannya yaitu yang pertama untuk memupuk kepedulian siswa, yang kedua tentu saja memberikan darah kepada yang memerlukan dimana kita tahu bahwa di kota Singkawang ini kebutuhan akan darah itu selalu meningkat dan stok darah menipis, jadi jumlah stok darah dengan kebutuhan darah tidak sebanding. Jadi dengan diadakannya donor darah di SMA Negeri 3 mudah-mudahan bisa membantu memberikan stok darah di PMI sehingga bisa menolong pasien yang memerlukan darah di kota Singkawang.” Tutur Wartini, pembina ekstrakurikuler PMR SMA Negeri 3 Singkawang.

 

 

Pernyataan senada disampaikan Debora Agustina selaku Ketua Pelaksana dalam donor darah. Ia berharap semoga donor darah ini bisa membantu.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh PMI ini setidaknya terdapat 47 jumlah kantong darah dari para peserta. Para peserta sendiri terdiri dari siswa dan guru di lingkungan sekolah. Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dilihat dari banyaknya pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Salah satunya Deny Suhendra, waka kesiswaan SMA Negeri 3 beserta istri yang turut berpartisipasi sebagai pendonor. Beliau mengatakan kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa sosial pada diri siswa dalam membantu sesama terutama pendonor perdana. Semoga dengan adanya donor darah di sekolah dapat membantu kekurangan persediaan darah di kota Singkawang.

 

“Motivasi saya ikut karena sebuah kebutuhan, saat konsultasi dengan dokter beberapa bulan yang lalu disarankan untuk donor darah karena darah saya kental dengan demikian sirkulasi darah saya akan menjadi lancar. Saya juga mengajak istri yang kebetulan alumni SMANTI untuk ikut donor bersama.” Terang beliau.

Dr. Kasijanto, dari pihak PMI mengatakan SMA Negeri 3 ini merupakan pelopor donor darah dan selalu ikut berpartisipasi setiap tahunnya.

Kelancaran dan ketertiban jalannya donor darah tak luput juga dari campur tangan panitia yang ikut menyukseskan kegiatan ini supaya berjalan lancar.

“Pelaksana donor darah saat ini lebih teratur dan tertib, disamping itu juga terdapat kerjasama yang baik antara junior dan seniornya. Dalam pelaksaannya juga memberikan pelajaran agar kegiatan donor darah berikutnya bisa lebih teratur lagi.” Ucap Kristi Martauli Simanjuntak selaku wakil ketua pelaksana dalam donor darah. Sama seperti kegiatan donor darah sebelumnya, SMA Negeri 3 menyuguhkan air kacang hijau dan  juga kue yang diberikan setelah selasai mendonor. Dengan adanya penitia konsumsi, pembagiannya pun berjalan dengan lancar dan terarah.

Terima kasih kepada semua panitia yang telah menyukseskan kegiatan donor darah sehingga dapat berjalan dengan lancar, serta para peserta donor yang turut serta mendonorkan darahnya.