Nama SMA Negeri 3 Singkawang kembali diumumkan sebagai Juara Umum 1 sekaligus Juara Bertahan selama 3 tahun berturut-turut dalam LKPB (Lomba Kreasi Pengibaran Bendera) yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 singkawang, diikuti SMA N 1 Sambas sebagai Juara Umum 2 dan juara Umum 3 disandang oleh MTs Ushuluddin Singkawang. LKPB sendiri adalah acara tahunan oleh SMA Negeri 2 Singkawang di mana pesertanya adalah siswa/siswi tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kalimantan Barat. Tahun ini, perlombaan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 14 s/d 16 September 2017 dengan adanya upacara pembukaan pada hari pertama dilanjutkan dengan perlombaan pada dua hari selanjutnya. Pasmanti, sebutan untuk Paskibra Smanti, telah berusaha dengan begitu keras sehingga dapat membawa pulang piala bergilir selama 3 tahun berturut-turut yang membuat piala LKPB tersebut menjadi piala tetap untuk SMA Negeri 3 Singkawang. 

Dikutip dari akun Instagram Sitti Ramla Patty, pembina kegiatan ekstrakurikuler Paskibra SMA Negeri 3 Singkawang yang akrab dipanggil Ibu Ramla, mengungkapkan rasa bahagianya melihat anak didiknya meraih prestasi yang begitu membanggakan. Dari foto yang diunggahnya, tampak guru tersebut berdiri di samping piala bergilir bersama tiga orang alumni SMA Negeri 3 singkawang yang juga hadir pada perlombaan baris-berbaris tersebut. “Alhamdulillah, semua yang sudah didapat ini karena usaha kalian. Ibu bangga dengan kalian semua, anak-anak Pasmanti. Semoga apa yang sudah didapat tidak membuat kalian sombong dan tinggi hati, melainkan menjadikan kalian lebih rendah hati dan tetap giat berlatih. Terima kasih juga buat alumni yang mendukung semua kegiatan adik-adiknya,” begitu bunyi caption yang mengiringi foto tersebut. 

Dengan mengantongi masing-masing  juara 1 dalam 5 kategori perlombaan, Pasmanti telah membuktikan bahwa tidak ada usaha dan latihan yang sia-sia. Kategori Baki Terbaik diraih oleh Resty Sastika dari kelas XI IPA 3, juara Pemimpin Terbaik disabet oleh Ronald Febrian dari kelas X IPA 1, Sinta dari kelas XII IPA 1 berhasil menjadi Dirigen Terbaik, disusul oleh Muflihati dari kelas XI IPA 3 sebagai MC Terbaik, tak ketinggalan prestasi yang paling utama yang diraih oleh semua anggota Pasmanti, yaitu Fomasi Terbaik. 

Keesokan harinya (17/9), setelah upacara bendera yang rutin diadakan pada setiap hari Senin pagi, di depan seluruh warga SMA Negeri 3 Singkawang, Pak Deny selaku Waka Kesiswaan mengumumkan pencapaian membanggakan Pasmanti ini. Disaksikan beratus-ratus pasang mata siswa, Ibu Ramla menyerahkan piala bergilir yang kini menjadi piala tetap kepada pihak sekolah. Riuh tepuk tangan sontak memenuhi lapangan upacara. Raut wajah kebahagiaan tampak begitu jelas terpancar dari semua anggota Pasmanti karena mereka telah berhasil mengharumkan nama sekolah yang menjadi tempat mereka menuntut ilmu. 

“Kalau ditanya bagaimana perasaannya, ya, pasti kami bersyukur dan senang sekali karena bisa menjadi Juara Umum 1 dan mempertahankan piala bergilir menjadi piala tetap,” ungkap Ayu Shevia, salah satu anggota Pasmanti, saat ditanyai perihal prestasi tim mereka. Remaja itupun memberi pesan yang tak jauh berbeda dari Ibu Ramla sebelumnya. “Pesan saya untuk Pasmanti, kita jangan pernah tinggi hati. Jangan sombong dengan semua yang sudah dicapai. Kita harus terus berusaha menjadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Semoga Pasmanti jaya selalu,” imbuh Ayu lagi. 

Acara penyerahan piala pun ditutup dengan foto bersama anggota Pasmanti beserta guru pembina. Terima kasih kepada Pasmanti yang telah dan selalu membanggakan SMA Negeri 3 Singkawang. Tentunya prestasi ini wajib kita apresiasi dan pertahankan. Semoga pada LKPB—dan tentunya pada lomba-lomba yang lain—di tahun berikutnya Pasmanti keluar sebagai Juara Umum dengan latihan dan usaha yang gigih. (ADH)