Tahun Baru Islam merupakan pergantian tahun umat muslim yang menggunakan metode penanggalan bulan(qomariah) dan dimulai sejak Nabi Muhammad saw. hijrah dari Mekah ke Madinah. Sama seperti pergantian tahun setiap akhir bulan Desember, beberapa orang menyambutnya dengan menyalakan kembang api pada pukul 00.00 WIB, suara petasan yang saling bersahutan merupakan bukti terjadinya pergantian tahun. Tahun Baru Islam juga merupakan momen berharga bagi umat muslim karena awal yang baru saja dimulai.  Dalam rangka memperingati  Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, panitia Peringatan Hari Besar Islam(PHBI) kota Singkawang menggelar Pawai Akbar dengan berjalan kaki yang melibatkan masyarakat Kota Singkawang. Pawai yang jatuh pada hari Kamis, 21 September 2017 tersebut berlangsung sangat seru, dapat dilihat dari antusias para peserta pawai dengan melantunkan berbagai asma Allah swt. yang terdengar saat setiap insan melangkah. 

SMA Negeri 3 Singkawang juga turut serta dalam kegiatan tersebut. Dari setiap kelas X, XI, dan XII masing-masing memiliki perwakilannya, sehingga terdapat 35 siswa yang mengikuti kegiatan tahunan ini.

Chelsy Zulfitri salah satu peserta pawai SMA Negeri 3 mengungkapkan perasaan senangnya saat mengikuti kegiatan ini. “ Senang banget ikut dalam pawai ini apalagi ketemu dengan peserta dari sekolah-sekolah lain, ya jadi nambah banyak teman.” Ungkapnya.

Mahasiswi STKIP Singkawang yang mengajar Bahasa Indonesia selama penugasannya, Utin Qory Anggraini turut hadir mendampingi para siswa SMA Negeri 3, beliau mengaku pawai ini sangat seru juga merupakan momen kebersamaannya bersama para siswa.

“Kalau seru sih pasti seru pertama dapat lebih akrab sama anak-anak, kedua juga dapat momen kebersamaanya, ketiga partisipasi ibu terhadap sekolah, terhadap kegiatan memperingati 1 Muharram kita sebagai umat muslim.” Imbuhnya. “ Ibu sama yang lainnya kumpul terlebih dahulu di rumah Bu Sri Wahyuni jam satu siang, pawainya mulai sekitar jam dua siang, dimulai dari lapangan tarakan sampai dengan masjid raya.” Tambah beliau.

Pernyataan senada juga disampaikan Wajihah, yang juga merupakan peserta pawai 1 Muharram. Saya yang pastinya senang dengan diadakannya pawai ini dan saya berharap pawai bisa terlaksana setiap tahunnya. (ADND)