Dalam rangka memperingati HUT Pemkot ke 16, Pemerintah Kota Singkawang menggelar pameran Singkawang Expo. Kegiatan ini berlangsung di Stadion Kridasana, selama sepekan. Mulai Sabtu 14 Oktober 2017 sampai dengan Sabtu 21 Oktober 2017.

Pada pameran ini, terdapat 200 stand dengan berbagai macam ukuran dan variasi warna sesuai dengan kreativitas masing-masing. Khusus untuk kuliner berada di satu tempat sehingga tidak ada yang terpencar-pencar.

Menurut Alisardo Dimastoro yang merupakan Ketua OSIS SMA Negeri 3 Singkawang, Tujuan dari adanya kegiatan ini dapat mengajarkan siswa caranya berwirausaha.

“Tujuan diadakan expo yang pertama membiasakan siswa untuk berkegiatan di luar sekolah bukan hanya di dalam sekolah yang kedua membiasakan siswa dalam kegiatan berwirausaha jadi siswa setelah keluar sekolah nanti sudah tahu bagaimana caranya berwirausaha.” Tuturnya.

Pernyataan senada disampaikan Bu Sarsiti,S.Pd sebagai pembimbing dalam pameran ini.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih jiwa kewirausahaan dan mengapresiasi karya siswa.” Berikut penuturan beliau. “ Hasil yang sudah dicapai yaitu beberapa siswa bisa mengetahui bagaimana cara melakukan pemasaran, menghadapi konsumen,melatih kesabaran,lebih disiplin waktu dan kreatif.” Tambah beliau.

Sistem penjagaan stand sendiri menggunakan pergantian penjagaan.

“Sistem jaga stand kami menggunakan shift pagi dan shift malam. Shift pagi dimulai dari jam 7 pagi sampai dengan 7 malam, sedangkan shift malam dari jam 7 malam sampai dengan jam 7 pagi.” Tutur Ahmad Fauzi dari bidang kewirausahaan OSIS.

“ Saat pagi yang jaga stand 2 siswa ditemani 2 guru pembimbing sampai jam 7 malam, kalau malam 4 siswa yang jaga stand ditambah guru pembimbing.” Tambahnya.

“Kesan yang saya dapat dari pameran ini sangat menyenangkan bagi saya karena dapat mengisi waktu luang serta mendapat manfaat yang sangat besar bagi kami semua, karena dapat mengenal lebih dalam tentang kewirausahaan juga mengenalkan bagaimana kewirausahaan SMA Negeri 3 Singkawang dimata publik dan kita bisa lihat di pameran Expo Singkawang” Penuturan dari Dwi Akhmal Maulana, salah satu siswa SMA Negeri 3 Singkawang.