SMA Negeri 3 Singkawang kembali menghelat kegiatan dalam rangka menyambut dan  memeriahkan  Hari Sumpah Pemuda  yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Salah satu dari kegiatan yang diadakan adalah Ranking 1 yang diselenggarakan OSIS dengan didukung oleh MPK, Smanti Band, Smanti Fotografi, serta Smanti Kewirausahaan dan Prakarya. Perlu diketahui bahwa ini adalah untuk yang kedua kalinya SMA Negeri 3 Singkawang menggelar acara yang sama.

Kegiatan Ranking 1 ini diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2017 pukul 08.00 setelah peserta sebelumnya sudah melakukan registrasi dengan pihak panitia. Total peserta adalah 116 orang yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII baik dari IPA maupun IPS. Acara didahului dengan kata sambutan oleh Alisardo Dimastoro selaku Ketua OSIS dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala SMA Negeri 3 Singkawang, Bachraini Subhani, S.Pd yang sekaligus membuka acara tersebut. Pada kesempatan itu, Bapak Bachraini mengatakan bahwa kegiatan Ranking 1 ini merupakan salah satu media untuk mempromosikan SMA Negeri 3 Singkawang sebagai sekolah yang aktif dalam memfasilitasi kegiatan siswa, khususnya dalam bidang prestasi akademik. Beliau juga yakin bahwa pastinya orangtua murid akan mencarikan sekolah yang dapat mendukung kegiatan anak mereka, karena itulah SMA Negeri 3 Singkawang berusaha untuk selalu menyelenggarakan acara yang berpotensi besar untuk membangun prestasi siswa.

“Kita berlomba bukan untuk mencari pemenang, itu yang harus kita tanamkan pada diri kita masing-masing,” ungkap guru yang akan segera berumur 60 tahun tersebut saat memberi kata sambutan. “Kita berlomba untuk belajar, untuk meningkatkan kemampuan diri dalam menjadi pribadi yang baik dan berguna. Soal menang atau kalah itu biasa dalam sebuah kompetisi.”

Setelah selesai memberi kata sambutan, Bapak Bachraini resmi membuka kegiatan Ranking 1 yang langsung disambut meriah oleh para peserta. Lomba dimulai dan soal dibacakan oleh tiga MC, yaitu Resty Sastika kelas XI IPA 3, Ronald Febrian kelas X IPA 1, dan guru Kesenian Dedy Ridansyah, S.Pd. Acara berlangsung meriah dan peserta mulai gugur satu per satu hingga akhirnya tersisa tiga orang peserta. Mereka adalah Charlos Leonardo Samuel, M. Rifky Irfani, dan Pasnolyandri Atika Suri. Masing-masing dari tiga peserta ini berusaha menjawab soal dengan sungguh-sungguh hingga didapatkan satu orang pemenang.

Sekitar pukul sembilan pagi, kegiatan Ranking 1 berakhir dengan Pasnolyandri Atika Suri dari kelas XI IPA 2 menyandang gelar “Ranking 1” SMA Negeri 3 Singkawang Tahun 2017. Pemenang berhak mendapatkan buku, piala dan beasiswa komite selama satu bulan. Pihak penyelenggara, yaitu OSIS, mengatakan kemungkinan bahwa pada event Bulan Bahasa di tahun selanjutnya OSIS akan kembali menyelenggarakan lomba Ranking 1, tentunya dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (adh)