Setelah berhasil dengan Grada Pasmanti Competition yang diadakan setahun lalu, kini Pasmanti kembali mengadakannya dari tanggal 11 s/d 12 November 2017. Acara  pertama, dimulai dengan upacara pembukaan yang diikuti siswa/siswi tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kalimantan Barat.Upacara berlangsung sangat tertib dan peserta upacara yang berbaris rapi dalam balutan seragam sekolah yang berbeda. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan adanya parade dari masing-masing sekolah yang menampilkan kreasi seragam yang berbeda-beda. Berlanjut penampilan dari paduan suara SMA Negeri 3 Singkawang dengan siswa/siswi yang sudah terpilih dan penampilan dari Smanti Band. Vokalis dari Smanti Band sendiri yaitu Anyndhia Restu Pertiwi kelas XII IPA 2.  Tidak berakhir sampai disitu saja, acara dilanjutkan dari varlinesic tingkat SMP kemudian varlinesic tingkat SMA yang berlangsung dari siang hingga malam. Dari kegiatan varlinesic inilah, berbagai  kreasi dari setiap sekolah dipertunjukkan.

Misalnya saja kreasi dari SMP Negeri 2 Singkawang yang mengangkat tema “resident evil”. Berikut pernyataan dari Sandy  Nurdiansyah, salah satu  peserta kompetisi. “ Jadi ceritanya tu mereka terkena virus zombie, lalu secara perlahan mereka tiba-tiba berubah menjadi zombie dan ada satu orang yang menumpasnya. Untuk persiapannya sendiri kurang lebih satu bulan.” Tuturnya.

 

Grada Pasmanti Competition ini mendapatkan dukungan yang positif dari Ketua STIE Mulia Singkawang, Lucia Sutiono, SE., MM. “Jadi saya sebagai Ketua STIE Mulia Singkawang sangat mendukung kegiatan ini dalam lomba paskibra dari SMA 3, untuk lomba paskibra se-Kalbar tingkat SMP dan SMA, nah kami melihat kegiatan ini sangat positif untuk generasi muda makanya saya selaku Ketua STIE Mulia Singkawang bersedia meminjamkan gedung tanpa dipungut biaya sewa, padahal biasanya itu disewakan tetapi kita gratiskan, karena ini acara yang sangat positif untuk membina generasi muda, yah jaman sekarang kita lihat karakter anak muda itu sangat memprihatinkan tetapi mereka dengan lomba paskibra paling tidak itu bisa menciptakan mereka untuk cinta NKRI, saya berharap semua kegiatan bisa berjalan dengan sukses sampai besok malam dan selesai dengan baik dan mungkin setiap tahun itu bisa diagendakan.” Imbaunya.

 

Dengan diadakannya Grada Pasmanti Competition juga merupakan bentuk dari kerjasama antara siswa SMA Negeri 3 Singkawang dan mahasiswa STIE Mulia Singkawang. “Menurut  saya ini merupakan suatu langkah ya antara siswa SMA 3 dengan mahasiswa otomatis merupakan suatu kerjasama yang menjadi langkah pertama agar terbentuk hubungan yang harmonis.” Berikut penuturan Viktor, Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa ) STIE Mulia.

Di hari kedua (12/11) kompetisi tak kalah meriah dari hari sebelumnya. Kompetisi yang berbeda dihari kedua, yaitu LKBB Variasi Formasi tingkat SMP dan SMA sederajat se – Kalimantan Barat. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore, walau begitu para peserta tetap semangat untuk mempertunjukkan gerakan variasi formasi mereka.

 

Hingga pada pukul 19.00 WIB tibalah acara puncak yang dinanti-nanti yaitu upacara penutupan dan pembagian hadiah. Karena pada malam ini pemenang kompetisi akan diumumkan.Juara 1, 2 dan 3 tingkat SMP se-Kalimantan Barat adalah SMP Negeri 2 Singkawang, SMP Negeri 4 Singkawang,  dan SMP Negeri 12 Pontianak. Untuk juara 1SMA se-Kalimantan Barat adalah SMA Negeri 2 Singkawang, juara 2 adalah SMA Negeri 4 Pontianak dan juara 3 jatuh kepada SMA Negeri 4 Singkawang.

 

Keberhasilan Grada Pasmanti Competition tak terlepas dari dukungan sang pembina, Sitti Ramla Patty,S.Pd yang ikut menyukseskan acara. Berkat diadakannya Grada Pasmanti Competition ini, para anggota Pasmanti mengaku bahwa solidaritas dan rasa kekeluargaan antar sesama anggota serta tali silaturahmi dengan para peserta kompetisi terjalin sangat baik. Suka duka yang mereka rasakan dimulai dari publikasi Grada Pasmanti Competition hingga penyelenggaraan berlangsung. Pembina Paskibra SMA Negeri 3 Singkawang bangga dengan kinerja anggotanya.

“ Harapannya semoga dengan diadakannya Grada Pasmanti Competition dapat menjalin tali silaturahmi antara paskibra di Kalimantan Barat.” Tutur Resty Sastika, salah satu anggota Pasmanti.

 

“ Apresiasi untuk tim paskibra yang sudah membuat event sebesar ini, juga Pramuka fotografi, PMR, Bengkel Sastra. Apresiasi sangat besar karena untuk buat event ini tidak gampang pastinya butuh perjuangan, tapi yang perlu diperhatikan yaitu komunikasi antara masing-masing ekskul jadi jangan lupakan komunikasi.” Penuturan Alisardo Dimastoro,Ketua OSIS SMA Negeri Singkawang.

 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya STIE Mulia Singkawan yang sudah 2 tahun berturut turut memimjamkan gedung dengan suka rela, Terima kasih buat Pemkot Singkawang, Pihak Kepolisan yang sudah menyukseskan acara ini, untuk para sponsor yang terlah mendukung kegiatan ini kami sangat berterima kasih”, ungkap Deny Suhendra selaku waka kesiswaan. “Kami pihak penyelenggara minta maaf yang sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan ini ada yang merasa tidak terpuaskan, sampai jumpa di GPC tahun depan”, tambah Deny lagi.

Sukses Untuk Kita Semua (ADN)