Revolusi Penghematan Uang dan Sayang Lingkungan

Bayangkan, setiap tahun ada dua kali ulangan akhir semester yang diikuti ratusan siswa di setiap sekolahnya. Kemudian ditotalkan seluruh sekolah yang ada, tentu kata hemat tak serta merta di dalam dunia pendidikan.

Kebutuhan kertas bahan baku akan menyusut drastis, jika proses semacam UAS beralih menjadi daring "Online". Penerapan sistem daring juga otomatis mendukung gerakan ramah lingkungan atau go green.

 

SMA Negeri 3 Singkawang sebelum tahun 2017 sudah mulai merintis UAS dan Ulangan harian. Salah satu sekolah yang juga sejak tahun lalu sudah menerapkan UN berbasis komputer. Di tahun 2017 ini serentak seluruh mata pelajaran menggunakan sistem daring. Dengan begitu SMA Negeri 3 Singkawang ikut melestarikan ekosistem dengan signifikan mengurangi penebangan pohon. Itu baru UAS, tapi sudah serasa gerakan revolusi dalam upaya menjaga lingkungan.

" Harapan saya kedepannya bisa lebih baik lagi dari segala sisi, terutama jaringannya dan ada penambahan lagi dari perangkat komputer ". Tutur Ibu Sitti Ramla Patty, S.Pd., selaku panitia ulangan akhir semester tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil di SMA Negeri 3 Singkawang.

" Kalau Ulangan Harian Online kita sudah biasa, tapi kali ini UAS yang mana 512 siswa secara bersamaan dengan 16 ruangan", ungkap Deny Suhendra selaku Waka Kesiswaan yang juga guru TIK sekolah ini. "UAS kali ini kita gunakan 8 server dengan 32 access point, saya dan rekan kerja bapak Suparno optimis UAS perdana ini akan sukses dan semester depan akan tambah maksimal", tambah Deny lagi.

 

By. Pembina Bengkel Sastra : Sari'ani, S.Pd.