Sekitar 100 siswa dan siswi dari berbagai Sekolah Menengah Atas atau Sederajat asal tiga kota/kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang (SINGBEBAS), menghadiri upacara Pembukaan Smanti Volley Cup atau yang sering disingkat SVC pada Sabtu, 9 Desember 2017 yang lalu. Acara yang direncanakan akan berlangsung sampai tanggal 20 Desember nanti tersebut turut dihadiri langsung oleh ketua MGMP TIK SMA Kota Singkawang, Furika Indah Lestari, S. Kom.

Acara Pembukaan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala SMA Negeri 3 Singkawang, Bachraini Subhaini sekaligus yang secara resmi membuka Smanti Volley Cup. Kemudian, kata sambutan oleh Ketua OSIS SMA Negeri 3 Singkawang, Alisardo Dimastoro. Setelah selesai pembukaan, pertandingan pertama dimulai antara SMK Negeri 1 Singkawang melawan MAN Model Singkawang dari tim putra, sedangkan dari tim putri ada SMA Negeri 3 Singkawang melawan SMA Negeri 1 Selaku.

Di sela-sela kegiatannya memantau berlangsungnya perlombaan, Bapak Deny Suhendra, WAKA Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Singkawang menjelaskan bahwa SVC merupakan acara tahunan yang diadakan oleh pihaknya untuk mewadahi bakat dan kemampuan siswa di Kalimantan Barat khususnya di bidang olahraga Voli.

“Tahun ini belum ada sama sekali pertandingan Voli di kota Singkawang, hanya sekolah kita yang mengadakan. Kita sudah menghubungi Walikota dan Wakil Walikota terpilih untuk mendukung kegiatan ini, walau belum ada respon tapi kami yakin tahun depan beliau mau mendukung kegiatan positif ini. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak muda khususnya di Singkawang, Sambas, dan Bengkayang, dapat terus meningkatkan prestasi dan menumbuhkan semangat juang yang tinggi,” katanya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Mulyadi Bong, Wasit, pihak sponsor seperti GO, STIE Mulia Singkawang, MGMP TIK SMA Kota Singkawang dan Teh Botol Sosro yang sudah mendukung kegiatan ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya dari OSIS SMAN3 Singkawang, Ekskul Voly SMAN3 Singkawang selaku panitia, jadikanlah kegiatan ini sebagai bekal pembelajaran kedepan, saya yakin kalian akan menjadi orang sukses kedepan, “ tambah Deny lagi.

Westi Widyatari, salah satu panitia penyelenggara SVC menuturkan bahwa peserta yang paling jauh berasal dari SMA Negeri 1 Paloh, Sambas, dengan total seluruh peserta sebanyak 41 tim yang berasal dari 22 sekolah dari tiga kabupaten tersebut. Menurutnya, pihaknya menyelenggarakan SVC bukan hanya mencari pemenang, melainkan juga banyak hal yang bisa didapatkan selama dirinya menjadi panitia.

Gadis berusia 16 tahun itu menuturkan perasaannya selama menjadi panitia SVC, “Suka dukanya sih pasti ada, ya, jadi panitia,” ujarnya. “Tapi, yang pasti sukanya lebih banyak, apalagi kami yang bertindak sebagai panitia. SVC membuat saya dan para peserta dari sekolah lain jadi akrab. Saya harap keakraban ini berlanjut dan terus menjalin silaturahmi khususnya bagi para atlet voli di Kalimantan Barat.”

Salah satu peserta SVC dari Sekolah Pertanian pembangunan (SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat), Zulfikri Aji Gusrian mengaku bahwa timnya sudah latihan secara maksimal untuk perlombaan ini. Hanya saja, pihaknya merasa ada hal yang perlu diperbaiki dari pihak panitia berkenaan dengan mekanisme lomba. “Sejauh ini sudah cukup baik, tapi kami rasa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti papan skor yang terlalu jauh letaknya jadinya pemain susah buat melihat skor, kemudian jadwalnya mungkin agak diperjelas lagi supaya kami bisa menyusun strategi. Kami berharap hal-hal seperti itu diperbaiki agar event besar seperti SVC dapat berjalan dengan lebih baik ke depannya. Dan pastinya, kami berharap tim dari sekolah kami akan menang.”  (adh)