Para siswa SMAN 3 Singkawang menggelar pentas seni yang diselenggarakan dari tanggal 23-25 Januari 2018 dengan mengangkat tema "Starring in Galaxy". Tema ini didominasi oleh banyaknya gambar bintang-bintang di langit malam pada setiap stand kelas. Pada event pensi inilah mereka dapat mengembangkan bakat serta kreativitas masing-masing. Dari tema yang diusung, setiap kelas mendapatkan sub-tema yang berbeda-beda yang menjadi ciri khas dari masing-masing kelas.

Pada hari pertama, kegiatan pensi berjalan lancar. Acara diramaikan oleh ratusan penonton, baik dari siswa, para alumni, serta para tamu yang hadir. Pembukaan acara ditandai dengan dilepasnya balon oleh Deny Suhendra, selaku WAKA Kesiswaan. Meriahnya acara dilanjutkan dengan parade fashion show dari ke-15 kelas. Setelah itu, dilanjutkan dengan pertunjukan band, dance, dan parodi dari beberapa kelas yang ditampilkan secara bergilir.

Nurul, salah satu siswi kelas X IPA 2 yang mengikuti lomba parodi mengungkapkan perasaannya mengingat ini adalah kali pertamanya mengikuti event besar tersebut. "Pensi pertama saya di SMANTI sangat luar biasa dengan tema galaksi yang sangat menarik. Di sini, rasa kebersamaan kami diuji. Apalagi, ini pertama kalinya kami membuat stand, jadi dapat melatih kreativitas kami."

Selanjutnya, pada hari kedua, acara dipandu oleh  beberapa MC, seperti Elvina, Charlos, Resty, Dwi Akmal, dan Ronald. Lalu acara dilanjutkan dengan parodi, dance, dan band layaknya hari pertama.

Suasana meriah tak kalah di hari ketiga pensi. Tidak heran mengingat hari ketiga merupakan hari puncak pensi SMAN 3 Singkawang. Puncak acara ini berhasil membakar semangat para siswa SMANTI untuk tampil lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Beberapa kelas dengan undian 10-15 menampilkan parodi, band, serta dance masing-masing.

Acara ditutup dengan sesi foto dari berbagai angkatan siswa SMAN 3 Singkawang dengan masing-masing jurusan, yaitu IPA dan IPS.

 

"Jika dilihat dari luar, mungkin terlihat mudah untuk mengadakan pensi SMANTI tahun ini, namun saat dijalani, terasa sulit karena dibutuhkan kerja sama dan kekompakkan antar angkatan siswa SMANTI untuk menyukseskan acara pensi tahun ini. Menurut saya, acara pensi tahun ini lebih bagus dari pensi sebelumnya karena cenderung lebih berwarna dengan susasana malam. Harapan saya untuk pensi SMAN 3 Singkawang kedepannya dapat lebih meriah lagi dan selalu sukses," aku Zaldi, selaku ketua pensi SMAN 3 Singkawang.

"Kegiatan pentas seni tahun ini kurang lebih sama dengan tahun lalu, hanya karakter serta tingkat kreativitas siswanya saja yang agak berbeda. Harapan Bapak untuk tahun depan yaitu agar siswa dapat lebih kreatif dan lebih bertanggung jawab lagi dengan tugasnya," pungkas Dedy Ridansyah, selaku penanggung jawab kegiatan pensi tahun ini.

"Pensi tahun ini luar biasa dan berjalan sesuai dengan harapan. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai latihan manajemen keuangan dan membangun timwork yang kuat antar-siswa. Pesan Bapak implementasikanlah latihan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pensi tahun depan, Bapak berharap agar kegiatannya dapat dirancang lebih matang lagi dan munculkan ide-ide serta hal-hal baru. Bapak harap semua kelas X dapat tampil di awal acara agar lebih seru dan dapat diberi hadiah tersendiri, sedangkan untuk kelas XI dan XII dapat tampil dengan diundi secara acak urutannya," ungkap Deny Suhendra di sela-sela kesibukannya memantau jalannya acara. "Tetap jaga nama baik sekolah dan sukses untuk kita semua.Terima kasih untuk semua panitia, MPK, dan OSIS SMAN 3 Singkawang, kalian luar biasa!"

Red : Tasya 10ipa2