Polantas Kota Singkawang telah mengadakan event melalui pengadaan tes untuk memberikan SIM kolektif kepada siswa-siswa SMA berprestasi yang ada di Kota Singkawang. Alhasil, banyak SMA yang ada di Kota Singkawang mengirimkan siswa-siswa berprestasi dari masing-masing sekolah. Tidak terkecuali SMA Negeri 3 Singkawang. Sekolah kita ini telah berinisiatif mengirimkan 19 orang siswa-siswa SMA Negeri 3 Singkawang yang keseluruhan berasal dari kelas 12.

Adapun sistem pengerjaan tes ini yaitu disediakan soal di layar monitor sebanyak 30 soal. Kemudian, peserta mengerjakan soal yang telah ditampilkan dalam waktu 15 menit. Pengerjaan tes ini memiliki aturan di mana peserta harus menjawab minimal 21 soal yang diberikan dengan benar.

Bentuk soal yang diujikan antara lain mengenai sikap kita dalam menanggapi peraturan serta rambu-rambu lalu lintas serta perlengkapan yang perlu dibawa saat mengendarai kendaraan. Secara keseluruhan, soal yang diberikan tidak terlalu sulit karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Tidak sedikit di antara peserta yang merasa grogi selama tes berlangsung karena jumlah partisipan yang cukup banyak. Selain itu, mengingat para peserta yang berpartisipasi dalam event ini merupakan siswa siswa SMA yang berprestasi di Kota Singkawang.

"Saat pengumuman hasil berlangsung, saya tidak menyangka nama saya disebut sebagai peserta yang mendapat skor tertinggi, yaitu 29 jawaban benar dari 30 soal. Tentunya saya merasa bangga dan cukup puas karena selama tes berlangsung, saya mengerjakan soal-soal tersebut dengan jujur, apalagi saya bisa mendapatkan SIM kolektif, yaitu SIM yang diberikan kepada siswa-siswa SMA yang berprestasi", ungkap Firzakalpa Syafiq saat namanya diumumkan oleh Polantas sebagai peraih nilai tertinggi dalam tes yang telah diadakan.

Tentunya besar harapan agar event ini tetap dapat berlanjut untuk seterusnya karena event ini sangat bermanfaat bagi pelajar yang ada di Kota Singkawang sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.

 Red : Tasya 10ipa2