Senin 12 Maret 2013 SMA Negeri 3 menerima 2 orang tamu yang dikirim oleh Direktorat Pendidikan Pusat Jakarta dalam rangka melakukan sharing mengenai persiapan USBN. Mereka berasal dari Kota Solo dan Kota Bogor yang berdinas di Kota Pontianak. Adapun kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 12.15 WIB dengan tujuan untuk memantau persiapan penyelenggaraan USBN di SMA Negeri 3 Singkawang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru yang mengajar di SMA Negeri 3 Singkawang, 2 orang perwakilan orang tua murid dari jurusan IPA dan IPS, serta 6 orang perwakilan murid. Adapun perwakilan murid berasal dari 3 orang perwakilan kelas 12 jurusan IPA dan 3 orang perwakilan kelas 12 jurusan IPS. Adalah Wahyu Putrananda yang berasal dari kelas 12 IPA 1, Andre Zenik dari kelas 12 IPA 2, Firzakalpa Syafiq dari kelas 12 IPA 3. Adapun untuk jurusan IPS, diwakilkan oleh Windia Sari dari kelas 12 IPS 1, Randhy Meitara dari kelas 12 IPS 2, dan Saparingga yang juga berasal dari 12 IPS 2.

Acara dimulai dengan pertemuan awal di mana para guru menyampaikan kajian mengenai kesiapan pelaksanaan USBN. Adapun guru yang diwawancarai yaitu Ibu Wartini, Ibu Eka, Ibu Berty, Ibu Ramlah, Ibu Agustine, dan Pak Nurani. Dilanjutkan dengan pemantauan dan diadakannya workshop, kemudian pertemuan akhir di mana disampaikan hasil pantauan mengenai persiapan pengadaan USBN di SMA Negeri 3 Singkawang. Adapun pengadaan sosialisasi dengan orang tua siswa perlu ditingkatkan sehingga para siswa-siswi kelas 12 dapat lebih bersemangat menghadapi USBN tahun ini.

"Menurut saya, kegiatan ini baik untuk diadakan. Sebab, pihak sekolah, siswa, beserta orang tua siswa dapat saling bersinergi demi kelancaraan pelaksanaan USBN tahun ini," ungkap Randhy Meitara selaku salah satu perwakilan Siswa yang mengikuti kegiatan sharing tersebut.

"Acara tersebut bagus diadakan sebab pihak sekolah bisa melakukan persiapan penyelenggaran USBN lebih awal karena ada pihak monitoring yang memantau sehingga pelaksanaan USBN SMA Negeri 3 Singkawang dapat dilakukan dengan lancar," ungkap Ibu Sarsiti, sebagai salah satu guru kimia di SMA Negeri 3 Singkawang yang mengikuti kegiatan tersebut. "Harapan Ibu yaitu siswa-siswi kelas 12 bisa mengikuti USBN dan UNBK dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan," tutup beliau.

 

Red : Tasya 10ipa2