Setelah siswa kelas XII melaksanakan rangkaian ujian, kini mereka dapat bernapas sedikit lebih lega sambil menanti pengumuman hasil ujian diawal bulan Mei mendatang. Adapun dalam rangka melepas siswa-siswi kelas XII angkatan ke-25,  SMA Negeri 3 Singkawang mengadakan acara pelepasan siswa. Pelepasan siswa ini diadakan pada hari Sabtu, 14 April 2018 di Balairung PEMKOT Singkawang.

Acara pelepasan siswa ini sangat ramai dan dihadiri oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 3 Singkawang, baik kelas X, XI, terlebih kelas XII, juga seluruh dewan guru yang mengajar beserta staff di SMA Negeri 3 Singkawang. Tak lupa orang tua siswa-siswi kelas XII juga turut hadir meramaikan suasana acara. Panitia penyelenggara acara berasal dari tim OSIS maupun tim MPK SMANTI yang sudah bekerja keras demi keberhasilan acara pelepasan siswa ini sehingga persiapan dalam penyelenggaraan acara ini sudah matang.

Rangkaian acara pelepasan siswa ini diawali dengan sambutan perwakilan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Singkawang yang diwakili oleh Charlos Leonardo yang berasal dari kelas XII IPA 2, dilanjutkan dengan sambutan dan laporan dari ketua pelaksana sekaligus ketua OSIS SMA Negeri 3 Singkawang, Alisardo Dimastoro. Kemudian, sambutan oleh perwakilan orang tua wali murid kelas XII angkatan ke-25, serta sambutan dari PLH Kepala SMA Negeri 3 Singkawang, Ibu Sarsiti.

 

Acara pelepasan siswa semakin meriah disaat angkatan ke-26 dan angkatan ke-27 menampilkan dance sebagai persembahan untuk seluruh tamu yang berhasil mengundang teriakan dari siswa-siswi SMANTI. Kemeriahan acara pelepasan siswa tidak hanya sampai disitu saja. Penonton dan para tamu undangan semakin bersemangat saat penampilan dari SMANTI BAND angkatan ke-25.

Setelah itu, kemeriahan terus berlanjut saat pembacaan nominasi beserta pemenang siswa-siswi kelas XII dalam beberapa kategori, seperti kategori siswa-siswi terkreatif yang diraih oleh Fadia Alifa (XII IPA 3), terdisiplin yang diraih oleh Andre Zenik (XII IPA 2), teramah yang diraih oleh Firzakalpa Syafiq (XII IPA 3), terpercaya diri yang diraih oleh Dika Tri (XII IPA 3), termandiri yang diraih oleh Syalwa Kiranti (XII IPA 1), terhits yang diraih oleh Indah Permata (XII IPA 1), terbijak yang diraih oleh Fahri Alhafiz (XII IPA 3), multi talent yang diraih oleh Sinta (XII IPA 1), serta kategori king yang diraih oleh Aufa Athala (XII IPS 2) dan kategori queen yang diraih oleh Elza Oktaviani (XII IPA 3). Adapun pemenangnya dipilih berdasarkan suara terbanyak yang dipilih oleh siswa-siswi SMANTI angkatan ke-26 maupun angkatan ke-27 sebelumnya.

Setelah pembacaan kategori dan pemenangnya, penonton serta para tamu kembali dihibur. Kali ini dengan penampilan duet dari Maisyaputri dan Vanuella (X IPA 2) yang berasal dari angkatan ke-27. Setelah itu, suasana berubah menjadi haru saat video dokumenter dari seluruh kelas XII ditayangkan. Terlihat jelas kekompakkan serta rasa kekeluargaan dan saling menyayangi di antara siswa-siswi kelas XII. Melalui video dokumenter tersebut, kenangan dari awal masuk SMA Negeri 3 Singkawang seolah terulang kembali. Perasaan sedih maupun senang bercampur aduk di raut wajah siswa-siswi kelas XII mengingat banyak moment yang sudah mereka lalui bersama dan pelepasan siswa yang sebentar lagi akan mereka lalui.

Acara kemudian dilanjutkan dan penonton serta tamu undangan kembali terhibur dengan penampilan band dari beberapa siswi kelas XII. Selanjutnya, Dwi Akmal Maulana (XI IPA 3) memimpin secara langsung pembacaan doa yang berlangsung dengan khidmat. Adapun acara ditutup dengan bersalam-salaman antara siswa-siswi kelas XII dengan para guru beserta staff SMA Negeri 3 Singkawang yang berlangsung dengan haru. Siswa-siswi kelas XII banyak yang meneteskan air mata saat moment ini mengingat besarnya perjuangan para guru dalam mendidik mereka selama 3 tahun terakhir.

Tidak bisa dipungkiri, acara ini merupakan moment yang sangat spesial karena semuanya berkumpul untuk merayakan suatu kemenangan sekaligus berpisah. Pelepasan siswa ini terjadi dan bertujuan agar kakak kelas XII bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sekaligus yang lebih baik dan meraih masa depan yang mereka impikan. “Perasaan sedih pasti kalian rasakan, tapi percayalah beberapa tahun ke depan kalian akan kembali dengan senyuman keberhasilan kalian,” ungkap Pak Dedy Ridansyah saat moment bersalam-salaman.

“Harapan saya untuk kakak-kakak kelas XII agar bisa mendapatkan nilai UN yang bagus, bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan dan meraih harapan kakak-kakak sehingga bisa membuat bangga diri sendiri, orang tua, juga guru. Sukses selalu!” Ungkap Maisyaputri (X IPA 2) saat ditanya mengenai harapannya untuk kakak kelas XII.

“Perasaan saya cukup senang karena acara pelepasan siswa kali ini sudah berjalan dengan sangat baik, walaupun masih perlu kekompakkan untuk panitia penyelenggara acara. Namun, saya mengucapkan terima kasih untuk panitia penyelenggara acara pelepasan siswa tahun ini. Dan untuk kelas XII semoga sukses meraih cita-citanya. Terus semangat untuk angkatan ke-25!” Tutur Alisardo Dimastoro, selaku ketua panitia penyelenggara acara.

“Acara pelepasan ini saya nilai berhasil. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk panitia, yaitu MPK dan OSIS dan rekan rekan guru serta rekan rekan di Pemerintah Kota Singkawang yang telah membantu menyukseskan acara ini. Terima kasih juga untuk kelas X dan kelas XI yang telah mensponsori kegiatan ini dengan menyisihkan uang jajan mereka. Untuk siswa-siswi kelas XII Bapak mohon maaf jika ada yang tidak puas dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Bapak berharap kalian dapat menjadikan kegiatan  ini sebagai sebuah pembelajaran berharga yang dapat kalian kenang dalam kehidupan kalian. Pesan Bapak tetap semangat dan tanggung jawab demi keluarga besar SMA Negeri 3 Singkawang,” ujar Pak Deny Suhendra.

Pelepasan siswa ini bukanlah akhir dari segalanya, namun pelepasan siswa merupakan proses untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=8nQnTKsXiII&feature=youtu.be

Redaksi : Tasya 10ipa2