Dalam rangka mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, maka diperlukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk memfasilitasi peserta didik mengenal lingkungan dan budaya di sekolah yang baru sebelum menempuh pembelajaran berikutnya.

Memasuki tahun pelajaran 2018/2019, SMANTI melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Siswa (MOS) selama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Kegiatan ini diwajibkan dan mengacu pada Permendikbud 18 Tahun 2016 dengan tujuan untuk melakukan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi baru di mana sekolah dapat menyesuaikan materi kegiatan pengenalan lingkungan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah. Adapun kegiatan MPLS SMANTI ini tak terlepas dari bantuan dan kerjasama tim OSIS maupun MPK SMA Negeri 3 Singkawang.

"Kegiatan MPLS yang diselenggarakan selama 3 hari ini menurut saya sangat mengesankan karena seniornya baik, lucu, dan mudah mencairkan suasana sehingga dapat menghilangkan kecanggungan kami sebagai siswa-siswi baru dan membuat kami mudah beradaptasi dengan lingkungan SMANTI. Saya juga sangat terkesan dengan pengenalan ekstrakurikuler oleh senior yang dilakukan dengan menarik sehingga saya mudah memahaminya," ungkap Steivan Dwi Putra, salah satu siswa kelas 10 IPS 1.

"Menurut saya kegiatan MPLS ini seru karena kakak kelas nya sangat ramah, baik, dan mengasyikan sehingga kami tidak mudah bosan. Dari kegiatan ini kami dapat lebih mengenal guru-guru yang mengajar di SMA Negeri 3 Singkawang serta ruangan-ruangan yang ada di sini. Saya juga lebih mengetahui tata tertib SMANTI melalui penyajian yang disampaikan oleh guru," ucap Deby, siswi kelas 10 IPA 2.

Tentunya keberhasilan kegiatan MPLS ini juga disebabkan oleh panitia, baik dari OSIS maupun MPK yang sudah bekerja sama dengan baik.

"Kegiatan ini merupakan event terakhir saya sebagai ketua OSIS SMA Negeri 3 Singkawang dan saya merasa sangat senang dapat berpartisipasi di event ini. Kegiatan MPLS tahun ini menurut saya hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya ada beberapa perubahan peraturan pada silabus. Tapi Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada panitia, baik dari OSIS maupun MPK karena sangat kompak dan dapat bekerja sama dengan baik. Terima kasih juga kepada siswa-siswi baru, semoga kegiatan MPLS selama tiga hari ini dapat bermanfaat untuk kalian," ungkap Alisardo Dimastoro selaku ketua OSIS SMANTI periode 2017/2018.

"Alhamdulillah kegiatan MPLS selama tiga hari ini berjalan dengan lancar. Semua panitia sangat kompak dan semua peserta juga ramah dan tertib sehingga mudah untuk diatur dan diberi petunjuk. Event ini tentunya bertujuan agar peserta dapat mengenal lingkungan sekolah lebih dekat. Harapan saya untuk siswa-siswi baru ini agar selalu berprestasi dan membawa nama SMANTI lebih baik lagi," pungkas Muhammad Rheza Pria Nugraha selaku ketua MPK SMA Negeri 3 Singkawang.

"Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pengenalan, kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, sosial, kebijakan akademik dan non akademik dengan cara-cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah baru, sehingga peserta didik mendapat bekal pengalaman bermakna untuk mengikuti pendidikan," ungkap Ibu Ramla Patty selaku WAKA Kesiswaan.

Semoga kegiatan MPLS ini dapat membawa siswa-siswi baru SMANTI selalu disiplin dan termotivasi untuk selalu berprestasi.

Sukses selalu SMANTI!  Red : Tasya 11IPA2