Agustus selalu identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. 17 Agustus merupakan momen yang sangat penting serta menyimpan makna yang mendalam bagi seluruh warga Negara Republik Indonesia karena Presiden Ir. Soekarno telah mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia kepada seluruh penjuru dunia.

Setiap tahunnya, SMA Negeri 3 Singkawang pasti merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya dengan mengadakan lomba 17 Agustus atau yang biasa disebut dengan Lomba Agustusan. Pada 17 Agustus kali ini, beberapa lomba dilaksanakan, seperti lomba senam PGRI, lomba paduan suara, lomba kabatol (karung, balon, botol), lomba tarik tambang, lomba menghias tempat sempat, serta lomba yel-yel.

Selain bertujuan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, lomba 17 Agustus ini dilakukan untuk mempererat silaturahmi antar siswa.

Adapun lomba yang dimulai pada 16-18 Agustus 2018 ini berjalan dengan seru dan disinilah kekompakan serta solidaritas siswa diuji. Lomba diawali dengan senam PGRI yang dimulai di lapangan basket pada pukul 07.30 WIB dan diikuti oleh setiap kelas dengan mengirimkan perwakilan sebanyak 6 orang siswa ini berlangsung hingga pukul 12.30 WIB. Aspek penilaian meliputi gerakan, kekompakan, dan kesesuaian gerak. 

Kemudian lomba dilanjutkan dengan paduan suara yang berlangsung di gedung serbaguna. Lomba paduan suara ini mengharuskan siswa-siswi menyanyikan lagu Indonesia Raya sebanyak 3 stanza. "Ibu merasa bangga dan semangat menjadi juri lomba padus ini. Para peserta sudah menampilkan yang terbaik dengan persiapan yang cukup matang dengan menghapalkan lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza ini dan kami selaku juri juga merasa terhibur," ungkap Ibu Uray Uci Wahyuni selaku guru PPL yang menjadi salah satu juri lomba padus.

Lomba dilanjutkan keesokan harinya setelah upacara kemerdekaan dengan lomba kabatol (karung, balon, botol) yang melatih kekompakan serta kejujuran siswa dalam bermain.

Selanjutnya pada hari Sabtu, lomba tarik tambang menjadi lomba penutup Agustusan tahun ini. Atmosfer lomba semakin terasa ketika para siswa menyanyikan yel-yel dari masing-masing kelas untuk mendukung kelasnya.

"Alhamdulillah acara lomba Agustusan tahun ini berjalan dengan lancar dan Ibu sangat berterima kasih kepada pengurus OSIS yang sudah berhasil menjadi panitia lomba. Ibu sangat menghargai kerja keras kalian. Harapan Ibu semoga dengan adanya lomba ini dapat menjadi ajang interaksi sosial antar siswa, sebagai sarana hiburan dan melepas penat sejenak, serta sebagai pelajaran pentingnya gotong royong, kerja sama, pantang menyerah, dan melatih kekompakan serta kreativitas siswa-siswi Smanti, terutama dalam lomba menghias tempat sampah. Ibu sangat senang karena siswa-siswi dapat berkreasi dan mempererat rasa kekeluargaan," tutup Ibu Ramla Patty selaku WAKA Kesiswaan.

 

(tsy)