Latihan dasar kepemimpinan merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan sebuah organisasi, salah satunya adalah organisasi OSIS. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan SMAN3 Singkawang setelah pelantikan pengurus OSIS yang baru. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran dan memperdalam pengetahuan mengenai dasar-dasar kepemimpinan tentang peran,kewajiban, dan tanggung jawab seseorang dalam berorganisasi. Tak terkecuali pelajar seperti kami yang juga memulai debut di sebuah organisasi yang bernama OSIS.  

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, yaitu tanggal 27-28 Agustus 2018. Selama kegiatan berlangsung, kami banyak sekali mendapat ilmu baru mengenai hal-hal kecil disekitar kami. Selama dua hari, kami mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam agar terlihat lebih serasi. 

Pemateri kami saat LDK adalah Pak Yoris selaku kepala sekolah kami, Pak Deny, Bu Wartini, Pak Mulyadi, dan Bu Sari. Sebelum masuk ke pemberian materi, terlebih dahulu Pak Yoris Harto selaku kepala sekolah SMAN3 Singkawang menyampaikan kata sambutannya. Materi yang dibahas antara lain kepemimpinan, problem solving, media komunikasi, dan lainnya.  

Pada materi problem solving, kami dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk bertukar pikiran mengenai cara menyelesaikan masalah. Untuk materi terakhir kami diberikan sebuah refleksi otak berupa permainan. Permainan ini sangat seru sekali dan mengasah kecerdasan kita. Setelah acara selesai kami tak lupa untuk mengabadikannya melalui beberapa foto. 

Pengurus OSIS terdiri dari beberapa anggota yang berasal dari kelas yang berbeda-beda. Hal ini membuat kami jadi lebih akrab dengan teman kelas lainnya bahkan juga dengan adik-adik kelas.  

Banyak sekali dampak positif yang kami dapatkan dan mambuka pikiran kami untuk bisa menjadi pengaruh yang baik bagi seluruh warga sekolah SMAN3 Singkawang. Menjadi pemimpin yang cerdas dan inovatif adalah salah satu misi kami. 

"Ibu harapkan kalian dapat menjadi teladan bagi siswa siswi SMAN3 singkawang. Semoga kinerja kalian dapat memberi pengaruh yang baik dan membangun SMAN3 Singkawang menjadi semakin jaya. bertanggung jawab atas segala tanggungan bersama itu penting. Mudah mudahan kalian bisa menjadi tim yang solid untuk smanti yang lebih baik" tegas Ibu Ramla Patty. 

 

(Delvia)