Sabtu, 9 September 2018 Kegiatan outbound yang menjadi event tahunan di SMAN 3 Singkawang kembali dilaksanakan oleh tim Pattraka , 2 pekan lalu . Kegiatan ini dilaksanakan di Rindam XII/TPR yang berlokasi di jalan pasir panjang , Sedau,Kota Singkawang.

Peserta yang mengikuti outbound adalah siswa yang menduduki bangku kelas 11 . “SMAN 3 Singkawang menjadi sekolah pertama yang mengadakan outbound di Rindam XII/TPR” ungkap Arya Bayu selaku ketua panitia outbound .beberapa dari mereka yang tidak mengikuti outbound menjadi panitia dalam event outbound ini.Kegiatan outbound ini merupakan event dari ekstrakurikuler pramuka yang di selenggarakan oleh tim Pattraka.

“Outbound kali ini jauh lebih seru dan asyik dibandingkan outbound yang sebelumnya” ungkap Tiara Puspa selaku wakil ketua panitia . “karena wahana di rindam itu kan baru juga , outbound sebelumnya dilaksanakan di Eria karena sudah sering di laksanakan disana , ibu Dilah selaku pembina kami mengajukan untuk melaksanakan outbound di Rindam XII/TPR , untuk percobaan dan latihan sekalian peresmian gitu” tambahnya.

“Outbound bukan hanya sekedar permainan, tetapi di dalamnya banyak mengandung manfaat untuk para siswa siswi terutama pengalaman yang berdampak pada sosiologisnya,edukasinya,dan phisikalnya”  ungkap bu Dilah Rini Sunarti selaku pembina pramuka. “ Dengan kegiatan ini ibu selaku guru BK dan pembina pramuka bisa melihat atau mengenali tahap perkembangan siswa , mulai dari kehidupan sosialnya,pribadinya, dan belajar” tambahnya.

Terdapat 5 lomba yang wajib diikuti semua peserta outbound , masing masing lomba tersebut dibagi menjadi beberapa pos . pos pertama yaitu pos kesenian , pos kedua yaitu pos bahasa inggris , pos ketiga yaitu pos bahasa indonesia , pos yang ke empat yaitu pos agama , dan yang terakhir yaitu pos prakarya.

Masing-masing  pos terdapat beberapa tugas yang harus dilakukan oleh peserta , seperti di pos kesenian mereka harus menyanyikan lagu daerah Kalimantan barat , di pos kedua mereka harus menyusun Dasa Darma dalam bahasa inggris , di pos ketiga mereka menyusun teks prosedur acak yang sudah disiapkan oleh panitia , dan pos keempat yaitu pos agama , pos ini di tujukan untuk mereka yang beragama islam tugas mereka adalah membaca ayat Al-Quran yang sudah di sediakan oleh panitia kemudian dipilih oleh masing masing ketua sangga dan dibacakan secara bersama , pos terakhir yaitu pos prakarya , setiap sangga di wajibkan untuk membuat kerajinan dengan alat dan bahan yang sudah mereka bawa kemudian membuat kerajinan tersebut se kreatif mungkin.

Tak hanya lomba yang membuat outbound ini menjadi seru , tentara yang bertugas di Rindam XII/TPR pun mengajarkan semua peserta dan panitia untuk menyanyikan yel-yel bersama , yel yel ini membuat semua peserta dan panitia semakin semangat dalam mengikuti outbound dan menjalankan tugas mereka . Walaupun tidak semua peserta ikut bermain wahana yang terdapat di Rindam XII/TPR tetapi mereka tetap senang karena bisa ikut serta dalam kegiatan outbound tahun ini. Beberapa dari peserta tidak bisa melanjutkan wahana dikarenakan cuaca saat itu kurang bersahabat , sehingga peserta yang hendak melanjutkan harus turun dan berkumpul bersama peserta lainnya .

“Sebisa mungkin sekolah tetap mendukung kegiatan ini dan bisa melaksanakannya untuk seluruh siswa” saran dari bu Dilah selaku pembina pramuka .

Sebelum peserta dan panitia kembali ke sekolah , tentara yang  bertugas di Rindam XII/TPR mengajak semua peserta dan panitia untuk menyanyikan yel yel secara bersama sama . Setelah kegiatan selesai , semua siswa kembali ke sekolah dan pulang ke rumah masing masing.

Maju terus dan sukses selalu SMANTI!!!

 

( IVN 11IPA1)