Bagaimana Mencegah Penularannya? 

Merangkum apa yang di edarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetantang Virus Corona Wartini selaku Wakil Kepala sekolah menyampaikan beberapa hal yaitu  diharapkan setiap kelas untuk meyediakan sarana untuk cuci tangan dengan sabun dan tisu dan biasakan cuci tangan pakai sabun (minimal 20 detik) dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Bersihkan ruangan dan lingkungan satuan pendidikan secara rutin, terutama fasilitas umum yang sering disentuh tangan. Jangan lupa pastikan kondisi petugas serta sarana kebersihan telah memadai, tambah Wartini lagi.

“Pesan saya untuk warga Smanti hindari keramaian, jaga kebersihan diri dan lingkungan.  Untuk pihak sekolah stop dulu giat yang mengundang keramaian. Salam sehat smoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid 19 ini”, ungkap Sari selaku guru Bahasa Indonesia sekolah ini. 

Hal yang hampir sama juga diungkapkan Waka Kesiswaan, “saya juga berpesan kepada guru Pembina Ekstra untuk Kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan kegiatan di luar sekolah harus dipertimbangkan baik-baik”. Bukan berarti tidak melakukan kegiatan apapun, tambah Ramla lagi.

Sedangkan ibu Sri Wahyuni mengatakan “Jaga kesehatan ,makan buah  makan makanan yg bergizi”. Berbeda halnya dengan Dilah Rini selaku Koordinator UKS “Kita sudah menghimbau kepada pemilik kantin makanan yang dijual harus telah dimasak hingga matang”. Hindari berbagai makanan dan  minuman. Tambahnya. Dedy Ridansyah selaku guru musik menambahkan penggunaan alat musik tiup sebaiknya selalu dibersihkan.  

Sedangkan menurut Nurani, ”Sesuai dengan ajaran agama kita hindari melakukan kontak fisik secara langsung apalagi bukan mahromnya”. Rajin rajin sholat karena dengan sholat kita pasti berwudhu untuk membersihkan diri kita dari hadas, sudah jelas sekali itu tambahnnya lagi.

“Kalau bisa gunakanlah masker saat disekolah, jika sudah pulang kerumah langsung mandi sebelum berinteraksi degan keluarga”, ungkap Uray Wirdalia.  

Semua sudah diungkapkan dan tinggal bagaimana kita merealisasikan dalam kehidupan kita, Semoga kita semua terlindung dari wabah ini. Kata Deny Suhendra. 

Khusus bagi kelas XII yang hari Senin,  16 Maret 2020 ini mulai melaksanakan UJIAN SEKOLAH, maka panitia mengimbau untuk peserta:

  • Masin-masing membawa alat tulis yang akan digunakan ujian.
  • Masing-masing membawa dan menggunakan handwash antiseptic atau tissue basah yg mengandung antiseptik secara berkala (15-20menit sekali)
  • Bagi yang sakit batuk/pilek diharuskan menggunakan masker,  dan menghubungi panitia apabila semakin memburuk. 
  • Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah memasuki ruang ujian.
  • Tidak bersalaman dengan bersentuhan tangan langsung, tetapi cukup dengan bersalaman mengangkat dua talapak tangan yang dikatupkan. 

 

Sehat Selau SMANTI, Amin.