Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, logo adalah huruf atau lambang yang mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama seseorang, sebuah intansi, organisasi, ataupun lembaga lainnya. 

Berangkat dari pengertian tersebut, tentunya logo mempunyai arti yang sangat penting sebagai sebuah identitas baik untuk suatu individu maupun organisasi. Suatu sekolah, sebagai sebuah lembaga pendidikan, tentunya harus mempunyai logo yang berbeda dari sekolah lainnya. Maka dari itu, SMA Negeri 3 Singkawang sebagai sekolah berakreditasi A di Kota Singkawang, mempunyai logo yang merepresentasikan sekolah tersebut. Logo berbentuk segilima tersebut dirancang oleh siswa bernama Fikri Zyanafri pada lomba Merancang Logo yang diadakan bulan Oktober 2016 lalu. 

 

 

 

Adapun arti Logo SMA Negeri 3 Singkawang tersebut, yaitu:

  • Logo berbentuk segilima. Bentuk ini mempunyai arti bahwa SMA Negeri 3 Singkawang selalu berlandaskan pada lima sila Pancasila dalam segala aspek kehidupan di sekolah.
  • Warna dasar biru. Warna biru identik dengan langit dan lautan, sehingga warna dasar biru bagi SMA Negeri 3 Singkawang adalah sebagai sekolah yang penuh intuisi, imajinasi, ekspansi, dan inspirasi baik bagi siswanya maupun tenaga pengajar. Selain itu, biru juga memberikan signifikasi, sesuatu yang penting dan dipercaya. Oleh karenanya, warna biru pada logo SMA Negeri 3 Singkawang diharapkan dapat memberikan kesan penting dan rasa percaya pada masyarakat terhadap SMA Negeri 3 Singkawang sebagai sekolah yang berkualitas tinggi.
  • Warna emas yang membingkai logo. Warna emas memiliki kesan optimis. Artinya, SMA Negeri 3 Singkwang selalui dikelilingi oleh positivitas yang membuat seluruh warganya selalu berpikir maju dan tidak pernah menyerah.
  • Gambar dua bendera merah putih yang menunjukkan kebangsaan Indonesia. Hal ini berarti bahwa SMA Negeri 3 Singkawang menjunjung tinggi  jiwa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia dan cinta tanah air.
  • Gambar tugu berwarna putih. Tugu tersebut melambangkan tugu SMA Negeri 3 Singkawang yang sudah dibangun sejak tahun 1990 Tugu ini sebagai identitas SMA Negeri 3 Singkawang yang tidak dimiliki oleh sekolah lainnya. Warna putih pada tugu melambangkan kesucian. Artinya, warga SMA Negeri 3 Singkawang diharapkan mempunyai jiwa dan pikiran yang bersih dan suci sehingga dapat menjadi berguna di masa mendatang.
  • Gambar bintang di tengah perisai. Gambar ini mempunyai arti Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama dari Pancasila, yang menjadi landasan utama bagi SMA Negeri 3 Singkawang dalam melakukan segala tindakan sebagai seorang manusia, serta agar warga SMA Negeri 3 Singkawang selalu mengingat Tuhan di dalam kehidupan.
  • Gambar buku berwarna emas. Buku melambangkan jembatan ilmu, dan emas melambangkan kemenangan yang berharga. Hal ini berarti SMA Negeri 3 Singkawang sangat menghargai ilmu yang berharga layaknya emas, serta ilmu tersebut dapat membawa SMA Negeri 3 Singkawang beserta warganya menuju kemenangan.
  • Warna merah pada pita. Merah artinya berani dan kuat. Artinya, warga SMA Negeri 3 Singkawang selalu berani dan pantang menyerah untuk selalu menggapai apa yang dicita-citakan.

 Redaksi : Adha Mutya Rachma 12 IPA 3 (Juli 2018)